Info Gadget : Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE – Apakabarjabar.com

Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Apakabarjabar.com – Asus ExpertBook B3 Flip merupkan laptop convertible 2-in-1 yang menawarkan modem LTE dan dua port Thunderbolt 4. Fitur dan spesifikasi yang menarik kalau melihat harganya yang masih tergolong ekonomis di kelasnya. Untuk tahu performanya, simak hasil review ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).

Konektivitas merupakan salah satu faktor paling penting dalam memilih perangkat. Apapun itu, termasuk laptop. Laptop dengan fitur konektivitas yang kurang mumpuni, niscaya akan menghambat produktivitas.

Pun demikian dengan aktivitas, ketika itu sudah mempersulit sebuah pekerjaan. Lantas, mana yang lebih penting antara WiFi, Bluetooth atau bahkan koneksi 4G LTE, jika kita bicara tentang konektivitas pada laptop?

Tak dimungkiri, bagi sebagian besar pengguna WiFi merupakan fitur yang wajib ada di sebuah laptop modern. Alasannya sederhana, ini merupakan cara paling praktis agar laptop dapat terhubung ke jaringan intranet ataupun internet. WiFi juga tidak memerlukan kabel dan sangat mudah untuk dihubungkan dengan jaringan yang tersedia.

Pertanyaannya, apakah semua tempat menyediakan jaringan WiFi? Jawabannya tidak. Bahkan jika pun iya, akan selalu ada titik dimana sinyal WiFi tidak bisa atau sulit diterima oleh laptop.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika berada dalam situasi seperti ini? Tentunya tidak ada salahnya untuk mengandalkan jaringan komunikasi lainnya. Jaringan seluler 4G LTE, misalnya, yang memang sudah tersebar luas di seluruh penjuru Indonesia.

Ada berbagai cara agar laptop dapat terhubung ke jaringan seluler. Salah satu yang paling populer adalah melalui metode tethering, yaitu dengan menjadikan smartphone sebagai “antena dan modem”. Tethering dapat dilakukan dengan menggunakan fitur mobile hotspot di smartphone atau menggunakan kabel data secara langsung.

BACA JUGA:

Namun, seperti halnya WiFi, metode ini juga memiliki kekurangan. Dalam hal ini terkait daya tahan baterai (smartphone) yang akan terkuras akibat proses tethering. Kalau sudah begitu, penggunaan laptop yang mampu terhubung ke jaringan seluler 4G LTE secara langsung menjadi opsi lainnya. Sebagai contoh, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).

Ya, datang dengan mode convertible, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), nyatanya tidak serta merta sama dengan perangkat serupa di kelasnya. Urusan konektivitas, dalam hal ini menjadi pembeda. Tentu saja disamping beberapa fitur lainnya.

Nah, fitur apa saja yang dimaksud dan seunggul apa sih laptop baru ASUS ini? Yuk kita simak review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE, mulai dari konektivitas hingga performa.

Desain dan Konektivitas

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) datang dengan konektivitas 4G LTE di badannya. Ini bisa ditemukan ketika kita melihat ke bagian samping laptop, dimana ada sebuah slot kartu SIM layaknya smartphone. Dalam review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE ini kita coba lihat konektivitasnya.

Slot kartu SIM combo yang juga berfungsi sebagai pembaca kartu MicroSD tersebut dapat menampung kartu SIM berukuran nano yang mendukung jaringan 4G LTE. Ya, ExpertBook B3 Flip (B3402) sudah dilengkapi dengan antena dan modem 4G LTE internal sehingga dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE.

Pengaturannya pun sangat mudah. Cukup pasang kartu SIM pada slot yang disediakan dan laptop dapat langsung terhubung ke jaringan 4G LTE. Tidak hanya itu, laptop ini juga dibekali dengan fitur hotspot sehingga dapat membagikan koneksi 4G LTE-nya ke perangkat lain melalui WiFi.

Selain dapat terhubung ke jaringan 4G LTE, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dibekali dengan opsi konektivitas lain, termasuk WiFi 6, yakni teknologi WiFi generasi terbaru yang menawarkan konektivitas lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Lalu, ada juga port ethernet (LAN) yang memiliki mac address unik untuk setiap laptop. Ini secara tidak langsung menjadikan ExpertBook B3 Flip (B3402) laptop yang ramah untuk kalangan enterprise.

Opsi konektivitas lainnya adalah port USB Type-A, USB Type-C dengan Thunderbolt 4 yang mendukung DisplayPort serta USB Power Delivery, hingga HDMI untuk memudahkan pengguna saat ingin dihubungkan ke monitor atau proyektor.

Itu belum termasuk Bluetooth yang juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan berbagai aksesori atau perangkat eksternal secara nirkabel.

Stylus dan Kamera Kedua

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop convertible. Artinya, layarnya bukan saja dapat diputar 360 derajat serta dapat digunakan layaknya tablet, ini juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh.

Agar pengalaman penggunaan layar sentuh lebih maksimal, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dibekali stylus yang dapat disimpan di kompartemen khusus di bodi laptop.

Menariknya lagi, tidak seperti stylus laptop berbasis Windows pada umumnya yang mengharuskan pengguna untuk mengganti baterai atau mengisi ulang dayanya secara berkala menggunakan charger eksternal.

Stylus di ExpertBook B3 Flip (B3402) otomatis mengisi dayanya saat disimpan di dalam kompartemen khusus. Dari hasil pengujian di review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE ini, kami mencatat waktu pengisian dayanya terbilang cepat, yakni 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.

Tidak hanya stylus, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga hadir dengan fasilitas input yang tidak ada di laptop pada umumnya, yaitu NumberPad 2.0. Fitur yang menyatu dengan touchpad di perangkat ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan touchpad sebagai numpad hanya dengan melalui tombol khusus di permukaan touchpad.

ExpertBook B3 Flip (B3402) merupakan laptop dengan layar 14-inci yang tidak memungkinkan hadir dengan tombol numpad fisik. Numberpad merupakan solusi yang memungkinkan pengguna ExpertBook B3 Flip (B3402) yang banyak bergantung pada kehadiran numpad di kegiatan sehari-harinya.

Fitur lain yang tidak kalah menarik di ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah adanya kamera kedua. Kamera yang diberi nama World Facing Camera tersebut sengaja ditempatkan tepat sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode clamshell standar.

Namun saat digunakan pada mode tent ataupun tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama di smartphone karena posisinya yang berada di balik layar laptop.

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip

World Facing Camera ini juga menggunakan modul kamera yang lebih baik dengan sensor beresolusi 13MP. Kamera khusus dengan penempatan yang unik ini membuat laptop menjadi semakin fleksibel dan dapat digunakan di banyak aktivitas seperti kegiatan belajar mengajar.

Para siswa akan dapat merekam atau mengambil gambar papan tulis langsung dari tempat duduknya, atau digunakan untuk menampilkan konten augmented reality.

Layar Convertible Ringkas

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip

Asus Expertbook B3 Flip memiliki layar IPS berukuran 14-inci(1920×1080) FHD touchscreen dan memiliki screen-to-body ratio hingga 80%. Melihat desainnya, layar laptop ini memang dirancang untuk menunjang produktivitas.

Layarnya yang sudah didukung stylus, dapat berfungsi sebagai buku catatan kerja yang dapat ditulis tangan. Pekerjaan menjadi lebih cepat dan produktif. Ukuran laptop ini memiliki dimensi bodi yang sangat ringkas. Ditambah lagi, layarnya dapat dibuka hingga 360⁰.

Dengan bisa dibuka hingga 360⁰, membuat tampilannya menjadi lebih ringkas karena dapat berubah menjadi tablet. Desain convertible itulah yang membuat Expertbook B3 Flip harus memiliki bodi ringkas, agar saat dipakai dalam mode tablet, akan tetap nyaman.

Asus Expertbook B3 Flip memiliki ketebalan bodi tidak lebih dari 2cm dan bobotnya hanya 1,61Kg. Tidak sampai di situ, dimensi bodi Expertbook B3 Flip secara keseluruhan juga sangat ringkas. Menggunakan Expertbook B3 Flip, kita serasa membawa dua perangkat sekaligus, laptop dan tablet.

Tidak hanya dapat menunjang produktivitas, laptop ini juga bisa melindungi penggunanya dari bakteri dan radiasi sinar biru yang dapat merusak mata. Keduanya sudah terintegrasi dengan fitur yang ada di perangkat.

Lapisan anti bakteri telah dipasang di bagian bodi yang sejajar dengan keyboard. Lapisan ini terbuat dari bahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99%. ASUS memasang lapisan anti bakteri di bagian sekitar keyboard bukan tanpa alasan.

Bagian tersebut adalah bagian bodi yang paling sering disentuh oleh pengguna. Tidak tanggung-tanggung, penggunaan lapisan anti bakteri ini juga telah teruji secara ilmiah berstandar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

Selain lapisan anti bakteri, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menggunakan layar khusus yang dapat melindungi mata dari paparan radiasi sinar biru yang dapat merusak kesehatan mata dalam jangka panjang.

Berbeda dengan layar laptop pada umumnya, layar ExpertBook B3 Flip (B3402) memiliki tingkat paparan radiasi sinar biru 70% lebih rendah berkat fitur Eye Care yang sudah mendapatkan sertifikasi low-blue light dari TUV Rheinland.

Dengan begitu, dapat dipastikan bisa menjaga kesehatan mata pengguna tetap prima, meski menggunakan ExpertBook B3 Flip (B3402) dalam jangka waktu panjang.

Hardware dan Performa

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip dengan CPU 11th Gen Intel Core

Review ASUS ExpertBook B3 Flip masuk ke bagian hardware dan pengujian performa. Menjadi salah satu laptop unggul di kelasnya tentu tidak akan lengkap tanpa didukung hardware dan spesifikasi modern. Di bagian jeroan, ExpertBook B3 Flip (B3402) telah dibekali dengan CPU 11th Gen Intel Core dengan seri tertingginya menggunakan Intel Core i7-1165G7.

CPU yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut sudah sangat mumpuni untuk menunjang kebutuhan komputasi sehari-hari. Apalagi CPU tersebut juga telah dibekali dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe Graphics. Berbeda dengan GPU terintegrasi generasi sebelumnya, Intel Iris Xᵉ Graphics menawarkan performa pengolahan grafis dan kalkulasi yang lebih baik.

Menariknya lagi, peningkatan performa yang dihadirkan juga dibarengi dengan efisiensi penggunaan daya yang lebih baik juga sehingga membuat ExpertBook B3 Flip (B3402) mampu bertahan lebih lama tanpa harus terhubung ke sumber listrik.

Performa ExpertBook B3 Flip (B3402) semakin gesit berkat penggunaan media penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0. Kemampuan multitasking-nya juga sudah terbilang mumpuni karena telah dibekali dengan RAM DDR4 3200MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 48GB. So, tidak perlu takut kehabisan memori saat bekerja dengan laptop ini!

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hasil benchmark ExpertBook B3 Flip (B3402):

Review ASUS ExpertBook B3 Flip: Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE

Review ASUS ExpertBook B3 Flip: Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE Review ASUS ExpertBook B3 Flip: Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE Review ASUS ExpertBook B3 Flip: Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE Review ASUS ExpertBook B3 Flip: Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE

BACA JUGA:

Fitur Keamanan

Tidak hanya unggul dalam performa, serta dibekali banyak fitur, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga dirancang agar selalu dapat diandalkan. Ini merupakan laptop dengan keamanan kelas enterprise baik dari sisi software maupun hardware.

Sebagai laptop kelas bisnis, laptop ini telah dibekali dengan modul TPM 2.0 yang dapat melindungi data pengguna. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan pembaca sidik jari yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk login ke dalam Windows, tetapi juga mencegah orang lain mengetahui password-nya.

Fitur Privasi juga terdapat di laptop ini, seperti webcam shield yang dapat menutup webcam secara fisik sehingga aman dari ancaman spionase, hingga secure file shredder yang memastikan data dapat benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Keduanya merupakan fitur yang sangat penting bagi kalangan pebisnis yang harus selalu mamastikan datanya hanya bisa diakses oleh orang-orang yang tepat.

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
Keyboard dengan fitur anti-spill di ASUS ExpertBook B3 Flip

Ketahanan Standar Militer

Selain perlindungan privasi dan data, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga menawarkan perlindungan secara fisik. Dimana seluruh bodi dirancang sedemikian rupa sehingga dapat selalu diandalkan.

Laptop ini juga sudah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Artinya, laptop ini telah berhasil melewati berbagai pengujian ekstrem dan mampu beroperasi hampir di segala kondisi.

Itu belum termasuk sistem perlindungan khusus di berbagai bagian pada bodinya. Keyboard laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur anti-spill, sehingga tetap aman meski terkena tumpahan air.

Semua port-nya juga hadir dengan struktur penahan khusus sehingga meminimalisir kerusakan secara fisik. Terakhir, bodi laptop ini diperkuat dengan rangka khusus yang sangat tangguh sehingga tetap aman untuk dibawa bepergian.

Kesimpulan

Review ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE

Dengan semua fitur dan keunggulan yang ditawarkannya, maka menarik untuk mengetahui kepada siapa laptop ini ditujukan. Ya, ASUS menyebut ExpertBook B3 Flip (B3402) sangat cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi. Keberadaan fitur konektivitas 4G LTE yang telah terintegrasi adalah salah satu alasannya.

Selain itu, ExpertBook B3 Flip (B3402) juga sangat cocok untuk mahasiswa, dosen, guru, dan akademisi yang membutuhkan laptop yang selalu dapat diandalkan. Terlebih kehadiran kamera kedua dan stylus juga akan mempermudah penggunanya untuk merekam, mengambil gambar, sambil menulis catatan secara langsung menggunakan laptop.

Terakhir, ExpertBook B3 Flip (B3402) adalah laptop paling tepat untuk pengguna yang membutuhkan laptop convertible yang tahan banting dan memiliki konektivitas paling lengkap. Nah, Anda termasuk yang mana? [IF/HBS]

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Laptop 2-in-1 dengan Koneksi 4G LTE” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment