Fintech : Investasi Crypto Jangka Panjang, Siapa Takut? Berikut 5 Kelebihannya – Apakabarjabar.com

Investasi Crypto Jangka Panjang, Siapa Takut? Berikut 5 Kelebihannya

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Investasi Crypto Jangka Panjang, Siapa Takut? Berikut 5 Kelebihannya”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Lakukan investasi crypto dalam jangka panjang sebagai salah satunya langkah paling simpel untuk memperoleh keuntungan. Tetapi, volatilitas harga cryptocurrency yang tinggi membuat investor susah untuk selalu menggenggam asset dalam jangka waktu lama.

Oleh karena itu, tidaklah aneh bila beberapa pemain cryptocurrency yang cuma sebagai trader jangka pendek. Akan tetapi, ini tidak berarti cryptocurrency tidak dapat untuk investasi jangka panjang.

Apa Investasi Crypto Baik Untuk Jangka Panjang?

Tehnologi cryptocurrency tawarkan beberapa hal yang dapat Anda menjadikan pemikiran untuk jadikan instrument ini sebagai instrument investasi jangka panjang.

  • Bila Anda takut resiko naik menurunnya harga koin, Anda dapat pilih stablecoin sebagai instrument investasi.
  • Crypto sering dipakai di dunia games sampai metaverse.
  • Sekarang ini dengan asset crypto satu ini, Anda bisa juga memperoleh penghasilan bunga.

Maka bisa diambil kesimpulan jika investasi crypto terhitung bagus untuk jangka panjang.

Lebih dari itu, beberapa pakar memprediksi jika pasar crypto akan semakin berkembang dalam sekian tahun ke depan. Berdasar data dari situs Statista, sekarang ini ada 221 juta pemakai crypto di penjuru dunia. Jumlah ini lebih tinggi dibanding pemakai crypto di tahun 2016 lalu yang cuma lima juta saja.

Dalam jumlah pemakai sekitar 221 juta itu, ukuran industri crypto capai 1,5 miliar USD. Beberapa pakar memprediksi nilai pasar capitalization ini terus akan bertambah. Vantage Pasar Research memprediksi jika nilai pasar crypto akan capai 2,3 miliar USD di tahun 2028 atau mungkin dengan nilai CAGR sejumlah 6,9%.

Instansi riset lain, Allied Pasar Research memprediksi nilai pasar crypto akan capai 4,94 miliar USD di tahun 2030 atau mempunyai nilai CAGR sejumlah 12,8%. Lepas dari ketidaksamaan itu, tetapi ringkasannya cuman satu yakni dalam 6-8 tahun depan, industri cryptocurrency diprediksi akan berkembang cepat.

Keuntungan Investasi Crypto Jangka Panjang

1. Kesempatan untung yang tinggi

Sama seperti yang sudah diuraikan di atas, dalam sekian tahun ke depan industri cryptocurrency diprediksi akan bertambah 2 sampai 4 kali lipat dari ukuran sekarang ini.

Ini maknanya, periset memprediksi jika dalam sekian tahun ke depan akan makin bertambah orang yang memakai tehnologi ini dan makin tinggi juga jumlahnya uang yang ditransaksikan dalam industri ini.

2. Kesempatan keuntungan tinggi ini telah bisa dibuktikan

Umumnya dalam jangka waktu tertentu nilai index saham akan memberi imbal hasil dengan angka yang serupa. Dalam jangka waktu lima tahun misalkan, return index S&P 500 condong capai 60%, sementara return index FTSE condong capai 25%.

Dalam kurun waktu 2016-2021 saja, return pasar cryptocurrency berkembang sampai 10.000%. Walau pada intinya nilai ini overestimated karena ada bitcoin boom di tahun 2017, tetapi pada dasarnya tingkat return cryptocurrency condong semakin tinggi dibanding instrument investasi yang lain.

3. Tidak membutuhkan analitis tehnis intens

Kelebihan pertama jadi investor crypto jangka panjang dibanding jadi trader crypto jangka pendek ialah Anda tak perlu lakukan analitis tehnis yang paling intens. Anda perlu menganalisa tehnis harga satu asset saat Anda ingin beli asset itu untuk pastikan jika uang Anda dibelikan cryptocurrency kualitas terbaik.

Sesudah uang Anda masuk ke cryptocurrency, Anda tak perlu lakukan analitis tehnis untuk tentukan kapan Anda harus keluar asset itu untuk memperoleh keuntungan atau menghindari rugi.

4. Irit ongkos transaksi bisnis

Kelebihan ke-2 jadi investor jangka panjang dibanding trader ialah Anda dapat mengirit ongkos transaksi bisnis. Ongkos transaksi bisnis ialah ongkos yang perlu Anda keluarkannya saat Anda beli atau jual asset crypto berkaitan.

Maka, makin kerap Anda beli atau jual asset, karena itu makin besar juga nilai ongkos transaksi bisnis yang perlu Anda keluarkannya.

Dengan jadi investor crypto jangka panjang, maknanya Anda perlu beli mata uang itu beberapa barangkali dan terus menggenggam nilainya sampai 1 atau sekian tahun ke depan.

5. Kurangi opportunity risk

Opportunity risk ialah resiko kesempatan yang dapat Anda peroleh saat Anda melewati kesempatan keuntungan dari investasi cryptocurrency berkaitan.

Dengan jadi investor jangka panjang, Anda terus akan mempunyai koin crypto berkaitan hingga Anda tak perlu cemas karena melewati kesempatan keuntungan investasi dari mata uang crypto itu.

Koin Crypto Terbaik Untuk Jangka Panjang

Dalam tentukan koin crypto apa yang pas untuk investasi jangka panjang, Anda minimal harus memerhatikan 2 faktor yakni tingkat keamanan yang dijajakan dan unique selling poin dari koin crypto itu. Disamping itu, upayakan Anda pun mengecek kisah harga koin crypto itu dan project apa yang mereka angkat dan bagaimana kekuatan usahanya.

Untuk menolong Anda, berikut penulis sarikan beberapa koin crypto yang pas untuk investasi jangka panjang berdasar sebagian sumber :

1. Bitcoin

Mengulas cryptocurrency tanpa Bitcoin seakan mengulas makanan tanpa nasi. Bitcoin ialah cryptocurrency terbaik dan janjikan dan sebagai pion dalam mata uang crypto dan tehnologi blockchain.

Dibikin di tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto, sampai sekarang ini bitcoin sebagai mata uang crypto terpopuler dan mempunyai kapitalisasi pasar paling tinggi antara koin crypto yang lain.

Untuk mengontrol inflasi, sekarang jumlah Bitcoin yang dapat ditambang terbatasi jadi 21 juta koin saja. Dari jumlahnya itu, cuma 18 juta koin yang sekarang ini telah sukses ditambang.

Ini maknanya masih tetap ada peluang untuk memperoleh keuntungan investasi dari Bitcoin ingat masih tetap ada tiga juta keping koin yang belum ditambang.

2. Ethereum

Koin cryptocurrency dengan nilai kapitalisasi pasar di bawah Bitcoin ialah Ethereum. Argumennya ialah Ethereum mempunyai mekanisme blockchain yang lain dengan Bitcoin.

Blockchain Bitcoin digerakkan dengan mekanisme proof of work (POW), sementara blockchain Ethereum digerakkan dengan mekanisme proof of stake (POS) dengan smart contract.

Mekanisme yang dibikin oleh Ethereum ini memungkinkannya pemakai untuk lakukan lebih beberapa hal dimulai dari membuat program desentralisasi (DApps) dan program pinjaman uang (DeFi). Mengakibatkan, Ethereum mempunyai pangkalan pemakai yang kuat.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Investasi Crypto Jangka Panjang, Siapa Takut? Berikut 5 Kelebihannya” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment