Fintech : Terbaru Daftar Saham MNC Group di Tahun 2022 – Apakabarjabar.com

Terbaru Daftar Saham MNC Group di Tahun 2022

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Terbaru Daftar Saham MNC Group di Tahun 2022”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Pasti Anda tidak asing bernama MNC Group. Sekurang-kurangnya, Anda ketahui beberapa nama saluran tv di bawah group ini ibarat RCTI, iNews, Global Tv dan sebagainya. Namun, MNC Group bukan hanya beroperasi di sektor industri selingan.

Perusahaan ini bergerak dalam industri lain dimulai dari keuangan sampai property.

Dengan bentang usaha yang luas itu, karena itu tidaklah aneh jika beberapa perusahaan anggota group ini menjadi perusahaan khalayak yang tercatat di bursa.

Lalu apa perusahaan MNC Group yang telah berada di BEI? Baca penjelasannya berikut:

1. MNC Investama (BHIT)

MNC Investama adalah perusahaan induk dari MNC Group. Perusahaan ini bergerak dibangun oleh Hary Tanoesoedibjo di Surabaya di tahun 1989 sebagai perusahaan investasi. Sekarang ini ada tiga sektor sebagai konsentrasi investasi khusus perusahaan ini yakni industri selingan, industri media dan industri keuangan.

2. Media Nusantara Citra (MNCN)

Media Nusantara Citra adalah anak perusahaan MNC Corporation yang konsentrasi pada sektor media. Dibangun di tahun 1997 dan memulai listing di BEI di tahun 2007. Sekarang ini MNCN mengepalai 5 sektor bisnis khusus yakni:

  • Free-to-Air TV (FTA) seperti RCTI, GTV, iNews dan MNCTV.
  • Content production yakni baris usaha yang menghasilkan beberapa konten yang hendak ditayangkan pada jaringan media MNCN.
  • Talent Management yakni baris usaha yang mengurus talent-talent yang lahir dari beragam gelaran penelusuran talenta di beberapa media FTA punya MNC seperti X Faktor, Indonesian idol, Master Chef dan sebagainya.
  • Content Library atau MNC Konten adalah baris usaha MNCN yang mempunyai tujuan untuk mengurus dan membagikan beberapa konten yang dibuat oleh MNC media.
  • Digital. Dalam sektor bisnis ini, MNCN mengepalai jaringan media digital yang ada di bawah lindungan MNC seperti, Okezone.id, RCTI+, Roov dan sebagainya.

Dari sisi esensial dan teknikal, MNCN sebagai salah satunya saham bidang media terbaik di Indonesia.

3. MNC Kapital Indonesia (BCAP)

Semua baris keuangan MNC Group ada di bawah lindungan PT. MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP). Terhitung salah satunya adalah MNC Sekuritas, Bank MNC, MNC Asset manajemen, MC Insurance dan lain-lain.

Dibangun dan memulai bekerja semenjak tahun 2000, PT. MNC Kapital Indonesia Tbk mulai listing di Bursa Dampak Indonesia di tahun 2001. Menurut IDN Financial, MNC Kapital Indonesia sekarang menjadi satu diantara perusahaan jaringan keuangan paling besar di Indonesia.

4. MNC Vision Networks (IPTV)

MNC Vision Networks (IPTV) adalah anak usaha MNC Group yang beroperasi di sektor pengendalian dan operasionalisasi TV berbayar, service broadband. Contoh service yang ada di bawah lindungan perusahaan ini ibarat MNC Vision, K Vision, MNC Play, dan Vision+.

Dengan adanya banyak program dan audience yang luas, IPTV sebagai salah satunya saham terbaik di bidang telekomunikasi.

5. MNC Land (KPIG)

Sama seperti yang sudah diutarakan di atas, MNC Group bukan hanya beroperasi di sektor media dan industri selingan. Barisan perusahaan ini memasuki ke industri pengembangna property dengan MNC Land.

Beberapa project property yang dibuat oleh perusahaan ini ibarat SEZ MNC Lido City, sebuah teritori rekreasi khusus di Bogor, MNC Bali Resor, Park Hyatt Jakarta, The Westin Resor Nusa Dua dan Bali International Convention Center, Oakwood Hotel dan One East Residence Surabaya dan beberapa kompleks perkantoran di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Bukan hanya membuat properti-properti tertera di atas, MNC Land beroperasi di sektor management property dimulai dari kebersihan, sampai keamanan property.

6. Bank MNC Internasional (BABP)

BABP sebagai salah satunya baris usaha MNC Financial Serviss yang bergerak dalam industri perbankan. Sama dengan bank yang lain, Bank MNC Internasional sediakan service seperti, tabungan, deposito, jual-beli mata uang asing dan kredit untuk beragam kepentingan.

BABP berdiri di tahun 1990 dan listing di bursa di tahun 2002 bernama PT. Bank Bumi putera Indonesia.Tbk / Bank ICB Bumi putera. Nama ini selanjutnya beralih menjadi Bank MNC Internasional saat MNC Group jadi pemilik saham pengontrol bank ini di tahun 2014.

7. MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN)

MNC Digital Entertainment Tbk yang awalnya dikenali dengan MNC Studios International adalah anak usaha MNC Group yang beroperasi di sektor produksi dan distribusi content ke jaringan media punya MNC sendiri atau ke luar negeri.

Walau telah berdiri semenjak tahun 2000, perusahaan ini baru lakukan IPO di tahun 2018 lalu dan menukar namanya dari MNC Studios International jadi MNC Digital Entertainment Tbk di tahun 2022 ini.

8. Global Mediacom (BMTR)

Selainnya MNC Investama, anak perusahaan MNC group yang beroperasi di sektor investasi adalah Global Mediacom atau BMTR. Awalannya, perusahaan ini sebagai dibangun di tahun 1981 oleh Bambang Trihatmodjo, Indra Rukmana, Rosano Barack, dan Mochammad Tachril Sapi’ie bernama PT Bimantara Citra Tbk.

Hary Tanoesoedibjo mulai menggantikan saham PT Bimantara Citra Tbk di awal tahun 2000-an saat Bambang Trihatmodjo secara perlahan-lahan melepas miliknya. Semenjak tahun 2007, perusahaan ini berpindah konsentrasi dari bergerak dalam beberapa sektor jadi perusahaan investasi yang konsentrasi pada industri media saja.

Karena mempunyai esensial yang bagus dan kekuatan jadi saham blue chip, BMTR sebagai saham yang pas dibeli investor pemula.

9. PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY)

Salah satunya anak perusahaan MNC Vision Networks (IPTV) yang telah listing di Bursa Dampak Indonesia adalah MNC Sky Vision Tbk. Perusahaan dengan code saham MSKY ini mulai bekerja semenjak tahun 1988 dan memulai melantai di pasar modal Indonesia di tahun 2012.

Adapun produk yang ditawari oleh perusahaan ini adalah service tv berbayar dengan merek Indovision (1994-2017) dan MNC Sky Vision (2017- saat ini). Sampai di tahun 2016, MNC Sky Vision sebagai pimpinan dalam industri TV abonemen dalam jumlah konsumen setia capai 2,lima juta orang di semua Indonesia.

Media Nusantara Citra (MNC) adalah salah satunya raksasa di industri media Indonesia dengan banyak memiliki aliran tv terpenting seperti RCTI, GTV dan MNCTV dan mass media terpenting yang lain seperti koran SINDO dan Okezone.

MNC Group terus menyesuaikan dengan perubahan tehnologi dimulai dari sediakan perusahaan berbasiskan keuangan sampai terus bereksperimen dengan masuk media digital seperti, membuat aplikasi berbasiskan audio Roov, aplikasi selingan terpadu RCTI+ dan lain-lain.

Lepas dari begitu besarnya perusahaan ini dan bagaimana ia terus lakukan beragam pengembangan, Sebaiknya anda masih tetap melakukan investasi pada perusahaan yang sudah Anda cermat lebih dulu. Baca neraca keuangan, laporan tahunan dan informasi mengenai mereka untuk jadikan investasi yang berguna dan memberikan keuntungan.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Terbaru Daftar Saham MNC Group di Tahun 2022” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment