TIps & Trick : Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru – Apakabarjabar.com

Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Beberapa tahun ke belakang sempat tersiar kabar mengenai ponsel Nokia palsu di pusat perbelanjaan ponsel di Jakarta. Sekilas memang bentuknya tidak ada beda dari ponsel Nokia asli.

Namun, produk ilegal selalu mempunyai perbedaan yang bisa kita lihat. Kasus pemalsuan ponsel Nokia ini tentu meresahkan. Pasalnya ini sangat merugikan konsumen yang membeli ponsel Nokia.

Sebagai pengguna ponsel, tentu saja kita menginginkan memiliki ponsel asli dengan kualitas bagus. Tetapi ada acara yang paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah ponsel Nokia tersebut asli atau ponsel rakitan. Lalu, bagaimana cara cek IMEI Nokia? inilah yang akan kita ulas lebih dalam lagi. Yuk, simak!

Keuntungan Adanya IMEI di Ponsel Nokia

Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru 1Sumber: pixabay.com

Beberapa tahun ke belakang merupakan tahun kejayaan Nokia di pasaran ponsel dunia termasuk Indonesia. Nama Nokia selalu berada di urutan teratas merek ponsel yang paling dicari. Ponsel yang berasal dari Finlandia ini merilis berbagai tipe ponsel yang canggih dan berkualitas. Itulah salah satu alasan konsumen menyukai produk mereka.

Kembali pada kasus pemalsuan produk Nokia. Salah satu cara untuk mengeceknya adalah dengan memeriksa nomor IMEI yang tertera pada perangkat tersebut. Nomor IMEI tidak dibuat oleh sembarang pihak.

Kode unik tersebut dibuat oleh pabrik pembuat perangkat tersebut dengan standar internasional sebagai identitas ponsel. Oleh sebab itu, nomor IMEI adalah nomor identitas yang menentukan keaslian perangkat dan tidak bisa diotak-atik.

Sebuah ponsel Nokia mempunyai nomor IMEI yang berbeda. Di Indonesia nomor tersebut kemudian diinput di database Kemenperin selaku lembaga yang bertugas sebagai penentu kebijakan di bidang perindustrian.

Ketika sebuah ponsel Nokia tidak terdaftar di Kemenperin sudah bisa dipastikan bahwa perangkat tersebut merupakan perangkat illegal. Membelinya tentu merupakan sebuah pelanggaran.

Ponsel Nokia lawas ataupun yang terbaru selalu dilengkapi nomor IMEI sebagai identitasnya. Dari nomor ini kita bisa mengecek apakah sebuah perangkat tersebut benar-benar dibuat oleh pabrik Nokia atau oleh pihak lain.

Apabila sebuah ponsel dilengkapi nomor IMEI maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh, di antaranya adalah klaim garansi resmi yang bisa dipergunakan ketika ada kerusakan terjadi pada perangkat.

Selain itu, IMEI memberikan informasi ponsel yang berisi tahun pembuatan, kode produksi, warna dan lain-lain. Jadi, jika kamu membeli sebuah ponsel Nokia, lekas periksa nomor IMEI-nya. Jangan dulu terpesona dengan fitur yang ada apalagi hanya tergiur dengan harga miring yang ditawarkan.

Lalu, bagaimana cara cek IMEI pada ponsel Nokia. Selanjutnya akan kami paparkan di dalam artikel di bawah ini.

Cara Cek IMEI Nokia

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah deretan kode unik yang dibuat sebagai tanda pengenal sebuah perangkat. Identitas ponsel dapat kita kenali dari nomor IMEI tersebut. Mengecek nomor IMEI adalah langkah preventif agar kita terhindar dari penipuan.

Berikutnya kami akan rangkum beberapa cara cek IMEI Nokia yang bisa kamu lakukan. Cara-cara berikut ini berlaku pada semua jenis ponsel Nokia baru itu ponsel versi lawas atau pun ponsel paling baru. Yuk, lanjutkan menyimak ulasannya.

1. Melalui Kode Dial

Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru 3

Cara mengecek IMEI yang pertama adalah dengan menekan kode *#06#. Kode ini bisa diaplikasikan pada semua merek ponsel mana saja. Baik itu ponsel yang masih menggunakan tombol atau pun ponsel yang sudah memiliki layar sentuh.

Mengecek IMEI dengan cara ini sangatlah mudah. Kamu tinggal memasukan kode tersebut pada papan ketik angka, lalu tekan Ok/Yes. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi IMEI.

Bagi ponsel versi lama yang masih menggunakan tombol sebagai papan ketiknya, usahakan tombol-tombolnya masih berfungsi dengan baik. Jika papan ketik tombol tersebut ada yang rusak, otomatis kode tersebut tidak bisa dimasukkan. Harus mencari alternatif lain.

2. Melalui Bodi Ponsel

Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru 5Sumber: homecelluler.blogspot.com

Pengecekan nomor IMEI bisa kamu lakukan dengan memeriksa bodi ponsel. Nomor IMEI pada perangkat ponsel tidak hanya diletakan pada satu lokasi saja. Ini berguna agar kamu bisa memastikan keaslian sebuah perangkatnya.

Pada ponsel Nokia lama yang menggunakan baterai lepas, nomor IMEI terletak di bawah baterai. Nomor tersebut diletakan pada sebuah stiker putih. Untuk melihat nomor IMEI-nya kamu harus mencopot baterainya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk ponsel Nokia yang sudah menggunakan baterai tanam, nomor IMEI biasanya terletak di belakang casing. Sedikit merepotkan jika harus membongkar bodinya.

3. Cek di Kotak Kemasan

Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru 7

Lokasi lain yang biasanya diberi stiker nomor IMEI adalah kotak kemasannya. Semua kotak kemasan ponsel dari merek apa pun memberlakukan cara yang sama.

Stiker yang ditempelkan pada kotak kemasan ponsel berfungsi sebagai validasi produk. Jadi, jika deretan nomor IMEI pada kotak kemasan dan pada pengecekan di dial number sama, besar kemungkinan ponsel tersebut asli.

Jika tidak sama, bisa kita simpulkan bahwa kotak kemasan tersebut bisa saja bukan kotak asli meskipun gambarnya sama. Ini bisa terjadi jika kamu membeli ponsel bekas. Atau bisa pula malah ponselnya yang sudah melalui proses kanibal mesin.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Awas Palsu, Begini Cara Cek IMEI Nokia Jadul dan Baru” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment