Fintech : Mengenal Lebih Jauh Dunia Metaverse Di Crypto – Apakabarjabar.com

Mengenal Lebih Jauh Dunia Metaverse Di Crypto

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Mengenal Lebih Jauh Dunia Metaverse Di Crypto”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Sudah pernahkah saat kecil Anda memikirkan ada “games” yang dapat mempertemukan Anda dengan orang lain dari penjuru dunia, dapat mendapatkan uang betulan untuk Anda sekalian dapat Anda menjadikan tempat pelarian bila ada satu permasalahan di dunia riil? Well, sekarang ini mimpi itu sudah jadi riil karena ada metaverse.

Istilah metaverse mulai terkenal di tahun 2021 lalu, saat Facebook mendadak umumkan kemauannya untuk rebranding dengan menukar nama jadi Meta dan konsentrasi pada perubahan metaverse. Saat itu juga, reputasi metaverse bertambah tajam dan memulai dibicarakan oleh beberapa orang.

Lalu, apa yang diartikan dengan metaverse dan apa hubungan dengan mata uang crypto? Baca penjelasannya di bawah ini.

Pemahaman Metaverse

Metaverse ialah tempat virtual yang memungkinkannya pemakainya untuk berhubungan dengan pemakai lain dari penjuru dunia dan membuat pengalaman baru dengan pemakai lain itu tanpa berjumpa langsung.

Metaverse menyatukan 2 hal yang sudah lama jadi mimpi banyak periset yakni “dunia virtual yang serupa dunia riil” dan “kehidupan digital ke-2 ” (New York Times). Maknanya dengan bermain metaverse, pemakai dapat berjumpa beberapa hal yang serupa dengan dunia riil seperti, aktris, gedung, hubungan sosial dan sebagainya sekalian membuat “kehidupan ke-2 ” yang memiliki sifat digital.

Langkah kerja metaverse sama dengan role-playing games yang memiliki konsep kehidupan setiap hari seperti harvest moon dan yang lain. Perbedaannya dalam metaverse ini, tiap poin dibuat secara unik dan poin itu dapat dijualbelikan untuk menghasilkan uang beneran di dunia riil.

Banyak faksi, terhitung Mark Zuckerberg, yang memandang jika metaverse ialah perubahan seterusnya dari dunia computer dan internet. Oleh karena itu, tidaklah aneh bila beberapa orang yang mulai melakukan investasi dan bertaruh dengan metaverse ini.

Apa Hubungang Metaverse dengan Cryptocurrency ?

Cryptocurrency ialah mata uang yang sah dipakai di dunia metaverse. Di paltform metaverse Decentraland misalkan, pemakai dapat beli poin, beli ticket konser online atau beli tanah virtual dengan mata uang digital MANA.

Mata uang digital MANA ini dapat diperoleh memakai coin crypto seperti ethereum, bitcoin atau yang lain dan juga bisa dibeli memakai mata uang fiat seperti dolar atau rupiah. Hasil pembelian mata uang digital MANA ini selanjutnya harus diletakkan dalam program dompet crypto ethereum.

Jalinan di antara metaverse dan cryptocurrency bisa juga diketahui lewat pemakaian NFT atau non-fungible token pada platform realita virtual itu. Non-fungible token ialah beberapa hal virtual yang serupa dengan sebuah poin di dunia riil seperti, musik atau lukisan dan dapat dijualbelikan.

NFT ini dibuat dalam blockchain (biasanya blockchain ethereum) dengan proses smart contract yang memungkinkannya pemakai untuk mengetahui kisah pemilikan NFT itu awalnya. Semua poin yang berada di metaverse dimulai dari pakaian, watak bahkan juga sampai tanah virtual ialah NFT.

Dengan begitu bisa diambil kesimpulan jika metaverse ialah cabang peningkatan pemakaian blockchain selainnya cryptocurrency dan NFT. Meski begitu, metaverse, cryptocurrency dan NFT ialah tiga hal yang sama-sama lengkapi keduanya.

Berikut 5 Karakter Khusus Metaverse

Kemungkinan antara Anda ada yang menanyakan, jika demikian apakah beda metaverse dengan games RPG biasa? Walau prosesnya serupa, metaverse mempunyai karakter yang membandingkannya dengan games RPG atau tipe games lainnya.

Berikut 5 karakter khusus metaverse sama seperti yang dikutip oleh coinmarketcap.com:

1. Persistent

Dunia metaverse tetap berkembang walau seorang pemakai tidak sedang tersambung dengan internet. Perubahan dunia virtual ini dibuat oleh terlibat pemain yang lain di saat yang serupa sedang online. Ini otomatis memberikan indikasi jika dunia metaverse akan semakin berkembang tanpa interval atau reset dan tidak pernah usai.

2. Real time

Di dunia metaverse, seorang pemakai dapat memperoleh pengalaman real time dari beberapa aset digital yang awalnya sudah dibuat oleh pemakai lain. Misalkan, pemakai platform ini dapat bertandang ke sebuah venue konser virtual saat sebelum konser itu diawali atau setelah konser usai.

3. Faktor ekonomi yang berperan penuh

Salah satunya ketidaksamaan khusus di antara metaverse dengan games RPG biasa (bukan games NFT) ialah faktor ekonomi di metaverse dapat berperan penuh. Maknanya, Anda dapat keluarkan beberapa keputusan ekonomi yang dapat langsung memengaruhi keadaan ekonomi Anda di dunia riil.

Misalkan, Anda ikuti pameran NFT berbayar. Untuk ikuti pameran itu, Anda harus isi dompet crypto Anda dengan mata uang digital seperti MANA atau SAND yang mana MANA atau SAND itu dapat diperoleh dengan mata uang fiat seperti dolar atau rupiah.

Kebalikannya, bila Anda mengadakan pameran NFT online di metaverse, Anda pun mempunyai potensi memperoleh keuntungan berbentuk MANA dan SAND yang dapat diubah jadi dolar dan rupiah.

4. Jadi jembatan di antara dunia riil dan dunia virtual

Bila dahulu Anda cuma dapat nikmati content digital dalam pola 2 dimensi atau optimal 3 dimensi, sekarang karena ada piranti virtual reality dan augmented reality di dunia metaverse, Anda dapat nikmati content digital dengan menenggelamkan diri dan berperanan aktif dalam pembangunan content itu.

5. Dari, ke dan oleh pemakai

Karakter khusus metaverse ialah di dunia digital ini, pemakai dituntut agar semakin aktif dalam meningkatkan diri dan dunia digital disekelilingnya. Dengan begitu, bukan hanya perusahaan pengembang platform yang dapat sediakan perubahan memiliki arti, pemakai dapat menjadi kontribusi aktif dalam perubahan platform metaverse tersebut.

Platform Metaverse Yang Terkenal

Pengembang platform metaverse di bumi ini tidak cuman satu seperti tuhan yang membuat dunia riil. Ada banyak platform yang meningkatkan pengalaman nikmati dunia metaverse yang berbeda. Berikut beberapa platform metaverse terpopuler di penjuru dunia:

1. Decentraland
2. The Sandbox
3. Cryptovoxels
4. Somnium space
5. Meta Platforms

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Mengenal Lebih Jauh Dunia Metaverse Di Crypto” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment