Fintech : Panduan Pemula untuk Meningkatkan Modal Menggunakan Cryptocurrency – Apakabarjabar.com

Panduan Pemula untuk Meningkatkan Modal Menggunakan Cryptocurrency

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Panduan Pemula untuk Meningkatkan Modal Menggunakan Cryptocurrency”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Penawaran coin awalnya (ICO) ialah langkah untuk tingkatkan modal untuk project Anda dengan jual asset digital berbasiskan blockchain.

Pikirkan Anda mempunyai gagasan berkilau untuk startup blockchain baru. Kemungkinan Anda ingin membuat computer terdesentralisasi pertama di dunia di blockchain, yang bisa dipakai untuk membikin asset digital asli dan meningkatkan program terdesentralisasi. Pemakai jaringan akan berbisnis memakai token, yang disebut asset digital yang dibikin memakai blockchain Anda (dan program terdesentralisasi yang baik yang bisa Anda bangun di atasnya).

Kelihatannya gagasan yang lumayan bagus. Tetapi, seperti startup yang lain, Anda perlu kumpulkan modal lebih dulu.

Untuk startup tradisionil, opsi Anda ialah: kumpulkan perputaran benih dari investor swasta, ajukan dana modal ventura (atau 100 pada mereka, peluang besar), atau coba crowdfunding memakai basis crowdfunding.

Tetapi, dengan startup blockchain Anda, Anda mempunyai alternatif lain: Kenapa tidak tingkatkan modal dengan jual token yang pada akhirannya akan dipakai jaringan? Saat jaringan tumbuh, maknanya token jadi lebih disukai, nilainya akan naik dan memberikan penghargaan ke investor. Sistem bagiangan modal ini ialah ICO.

ICO Adalah Langkah Terkenal untuk Tingkatkan Modal

ICO mempunyai beberapa keunggulan:

  • Kecepatan: Cuma memerlukan 100 baris code untuk membikin token berbasiskan Ethereum seperti ERC-20, dan token berdasar teori bisa dibikin dan dialokasikan dalam periode saat yang benar-benar singkat.
  • Likuiditas: Token dipasarkan ke pasar global yang bekerja 24/7.
  • Tidak ada penjaga gerbang: ICO bisa kumpulkan modal langsung dari siapa saja yang mempunyai dompet kripto, di mana saja di dunia.
  • Kepemilikan : Token tidak memberi hak pemilikan ke pemegang token terkecuali ini diprogram ke kontrak pandai secara eksplisit.
  • Komunitas: ICO menarik pengadopsi awalnya dan menyesuaikan pangkalan pemakai awalnya dibalik keberhasilan Anda.
  • Birokrasi minimum: Syarat pengungkapan dan document (tergantung pada status peraturan token Anda) bisa saja minimum.

Walau keuntungannya banyak, ICO tidak berjalan pada taman. Pasar crypto benar-benar bersaing dan project Anda akan hadapi pemantauan serius dari regulator dan komune crypto tersebut. Artikel ini akan memberikan Anda gambaran singkat mengenai tugas yang turut serta saat lakukan ICO yang sukses.

Pra-penjualan: Semuanya yang Diperlukan Saat Sebelum Penyeluncuran

Pertanyaan pertama kali yang perlu Anda jawab ialah apa ICO ialah taktik yang pas untuk tingkatkan modal untuk usaha Anda.

Makam ICO yang tidak berhasil benar-benar luas dan dalam – tapi prospect menuntaskan perputaran permodalan besar dalam perhitungan bulan (atau bahkan juga beberapa hari) masih bisa memikat pebisnis yang terlampau semangat untuk meremehkan resikonya.

Tidak tiap project bisa sukses tingkatkan modal dengan ICO. Pertama, penting untuk dimengerti jika ICO tidak cuma mengenai tingkatkan modal. Saat sebelum putuskan ICO, Anda harus tahu:

  1. Bagaimana pemakaian token (dan blockchain) betul-betul tingkatkan usaha, produk, atau service, selainnya menyuntikkan ledakan modal cepat dalam periode pendek;
  2. Bagaimana hasilkan pengembalian investasi yang adil untuk pemegang token dalam periode panjang.

ICO yang tersukses mempunyai kasus pemakaian yang memikat buat blockchain dan, seperti usaha yang sukses, produk atau service yang diharapkan orang.

Ada beberapa ribu token di luaran sana. Tanpa jawaban yang paling memberikan keyakinan atas pertanyaan fundamental ini, investor mustahil ambil resiko melakukan investasi dalam usaha yang tidak dipikir dengan masak.

Bangun Team

ICO ialah project besar dan multi-segi. Anda akan memerlukan team yang baik sekali menjadi sukses. Kenyataannya, team dibalik ICO adalah tanda paling handal mengenai apa itu akan sukses atau mungkin tidak, dan investor akan memerhatikannya.

Ketahui Hukum dan Tentukan Yurisdiksi yang Pas

Regulator dan pembikin undang-undang jadi lebih hebat dalam pengetahuan mereka mengenai blockchain dan crypto, tapi sebagai industri yang relatif baru yang disokong oleh tehnologi yang serupa sekali baru, mayoritas masih berada di daerah abu-abu hukum – ini terhitung ICO.

Tetapi, Anda jangan menerjemahkan ini sebagai makna jika ICO Anda tidak runduk pada hukum dan ketentuan di tempat. Ini sebetulnya memiliki arti Anda betul-betul memerlukan ketrampilan hukum untuk mengonfirmasi karakter hukum yang pas dari token Anda, bagaimana hal tersebut bisa ditata dan apa yang penting Anda kerjakan untuk selalu taat — khususnya yang terkait dengan undang-undang sekuritas yang atur penerbitan instrument keuangan yang dikelompokkan sebagai sekuritas (seperti saham, obligasi, dan kadang token), dan undang-undang Anti Pencucian Uang (AML), yang mempunyai tujuan untuk menahan pencucian uang.

Ketentuan yang hendak berlaku untuk ICO Anda akan bervariatif sesuai yurisdiksi tempat Anda bekerja. Misalkan, token yang dipasarkan ke warga Amerika Serikat bisa runduk pada ketentuan Komisi Sekuritas dan Transisi Amerika Serikat (SEC) dan Howey Tes bisa dipakai untuk tentukan apa token Anda akan disaksikan oleh SEC sebagai sekuritas (dan karena itu ditata oleh undang-undang sekuritas federasi).

Beberapa negara dijumpai mempunyai rangka hukum yang memberikan keuntungan untuk mengeluarkan ICO dan project kripto seperti Singapura, Swiss, Hong Kong, Kepulauan Virgin Inggris, Lichtenstein, Kepulauan Cayman, Bermuda, Siprus, Malta, dan Gibraltar.

Tentukan (atau bangun) Teknologi yang Pas

Tidaklah heran jika pilih tehnologi yang pas untuk ICO Anda bisa menjadi dasar untuk bagiangan dana yang sukses. Tehnologi penting yang memerlukan ialah blockchain, kontrak pandai, token, dan beragam situs back-end dan infrastruktur keamanan.

Blockchain: Beberapa project memutuskan untuk meningkatkan blockchain mereka sendiri dan memakainya untuk jalankan ICO mereka, tapi mayoritas memakai basis yang telah mapan seperti Ethereum. Membuat blockchain ialah tugas yang kompleks dan memerlukan waktu dan betul-betul cuma dipakai dalam beberapa proyek di mana blockchain yang diminta terlebih dulu dibutuhkan. Sementara blockchain ini kemungkinan tawarkan feature unik dan elastisitas yang semakin besar, mereka memerlukan lebih beberapa waktu dan semakin banyak ketrampilan.

Kontrak pandai: Kontrak pandai ialah mesin ICO Anda. Ini tangani pembelian token yang masuk, memungkinkannya pemegang token untuk mentransfer dan jual token, menyambungkan ke dompet token Anda dan banyak. Maka dari itu, penting untuk Anda untuk mengaudit kontrak pandai Anda secara benar untuk pastikan jika kontrak itu betul-betul aman dan berperan, karena, misalkan, peretas akan cari eksplorasi dalam kontrak pandai untuk mengambil uang dari Anda dan investor Anda.

Token: Karena token ialah code, mereka bisa diprogram dengan feature yang lain. Token bisa digolongkan sebagai utilitas, keterlibatan, investasi, atau disokong asset. Tiap tipe bisa terlilit oleh syarat hukumnya sendiri dan maka dari itu penting untuk menegaskan status token Anda. Berikut beberapa keterangan mengenai beragam tipe token:

Infrastruktur: Selainnya tehnologi khusus blockchain yang perlu untuk ICO Anda, Anda pun membutuhkan server untuk mengurus jalan raya website dan pemakai onboard Anda. Ini umumnya dengan service Know Your Konsumen (KYC) automatis atau klarifikasi manual.

Keamanan: Walau blockchain benar-benar aman, kontrak pandai dan website bisa dieksplorasi oleh peretas, dan ICO menjadi “panci madu” untuk penipu dan peretas. Anda akan rawan pada nama domain dan phishing sosial, pelanggaran data personal, peretasan kontrak pandai, dan gempuran penampikan service (DDoS) terbagi. Mempunyai keamanan yang baik sekali akan membuat perlindungan dan memberikan keyakinan investor mengenai project Anda. Mempunyai kontrak pandai yang diaudit secara professional, service hosting handal berkualitas tinggi (dengan pelindungan DDoS) dan pengawasan domain untuk phishing, dan beli sendiri nama domain yang sama akan menolong amankan project Anda dan investor Anda.

Rancang Tokennomics Anda

Pada umumnya, Anda ingin mendapati kesetimbangan di antara suplai dan harga token Anda untuk ICO Anda. Bila suplai terlampau tinggi, karena itu harga per token akan terdilusi dan rendah, tapi bila suplai terlampau rendah karena itu kemungkinan tidak ada cukup token untuk memberikan kepuasan pangkalan investor Anda, atau investor kemungkinan tunda harga token yang tinggi.. Beberapa faktor ini dikenali sebagai tokenomik ICO Anda.

Tokenomics project Anda harus memberikan dukungan karakter produk atau service Anda, dan harga token Anda. Dua factor yang penting dipikir ialah peruntukan dan distribusi token dan suplai token.

Peruntukan dan distribusi: Ada beberapa keputusan yang penting Anda untuk buat putuskan bagaimana membagikan dan membagikan token. Salah satunya yang pertama ialah apa akan lebih bagus untuk mengeluarkan ICO individu atau khalayak, atau memakai ke-2 nya. ICO individu tawarkan token pra-tambang ke satu kelompok investor terbatas dan dipilih, sering pada acara pra-penjualan saat sebelum ICO khalayak. ICO khalayak memungkinkannya nyaris semuanya orang dengan dompet kripto untuk melakukan investasi dalam token dan terkadang dikatakan sebagai token crowdfunding.

Kesetimbangan harus diraih di sini. Bila pegawai dan investor awalnya mengatur prosentase token yang terlampau tinggi, harga token bisa benar-benar dipengaruhi bila salah satunya pada mereka jual. Banyak ICO akan mengikutkan kesepakatan kuncian untuk menolong memantapkan harga dalam periode pendek sampai menengah. Bila kebanyakan stok token Anda digenggam oleh paus (siapa saja yang mempunyai prosentase token yang signifikan), karenanya sebagai pertanda bahaya untuk investor retail yang hendak waspada untuk dibuang.

Suplai token: Token Anda akan mempunyai stok maksimal (jumlah maksimal token yang bisa dibikin/ditambang), stok keseluruhan (jumlah token yang ada sekarang ini) dan stok yang tersebar (jumlah token yang sekarang ini berada di perputaran yakni, tidak digembok atau dibakar). Nilai token Anda akan ditetapkan beberapa oleh suplai, dan janji project Anda.

Anda bisa membuat suplai token Anda jadi inflasi atau deflasi, bergantung pada karakter project Anda. Token inflasi tidak mempunyai stok maksimal (token baru selalu bisa dibikin) tapi token deflasi seperti Bitcoin ( BTC ) mempunyai stok maksimal yang terbatasi.

Mode inflasi bisa mengakibatkan devaluasi token Anda dari hari ke hari, tapi juga menggerakkan pemegang token untuk memakai token mereka. Memakai mode deflasi menolong tingkatkan, atau minimal menjaga, nilai tiap token saat keinginan bertambah, tapi dapat mengakibatkan pemegang token menumpuk token mereka bukannya memakainya. Anda harus putuskan mode yang mana pas untuk project Anda.

Tentukan Mode Pemasaran Token Anda

Sesudah putuskan tokennomics project Anda, Anda harus putuskan bagaimana mengurus pemasaran token. Mode pemasaran token perlu menyamakan kesederhanaan dengan keberagaman sekitar yang dibutuhkan untuk menarik dan menghargakan kombinasi investor.

Soft, Hard, dan Hidden Caps: Soft cap ialah jumlah minimal yang perlu dinaikkan ICO Anda (baik pada jumlah token yang terjual atau jumlah yang dinaikkan) dan hard cap ialah jumlah maksimal yang perlu dinaikkan ICO saat sebelum usai. Batasan diputuskan saat sebelum ICO diawali. Hidden Caps dapat keras atau lunak, tapi investor tidak bisa ketahui kapitalisasinya sampai peruntukan usai.

Dibuka atau terbatasi dengan biaya masih tetap: Anda bisa membuat harga masih tetap untuk token pada tahapan awalnya ICO umumnya pada harga potongan harga, mengalihkannya ke harga masih tetap yang lain pada tahapan seterusnya. Ini berikan motivasi investor untuk beli lebih cepat.

Lelang Belanda dan lelang kebalik Belanda: Dalam Lelang Belanda, kontrak pandai dipakai untuk hitung harga token cuma sesudah semua penawaran diterima, dengan penawaran paling tinggi diutamakan. Reverse Dutch Auctions diawali pada harga dan batasan token yang tinggi, yang selanjutnya turun tiap hari pemasaran jalan atau untuk tiap block yang ditambang. Pemasaran usai sesudah batasan terwujud.

Mengumpulkan dan balikkan (C&R): Dengan C&R, batasannya masih tetap tapi dengan beberapa elastisitas. Kontrak pintar kumpulkan kontributor yang melewati batasan masih tetap yang sudah ditetapkan dan sesuaikan peruntukan akhir token berdasar rasio, dengan ketidaksamaan apa saja yang dibalikkan ke pemilik.

Plafon Aktif: Bukannya membuat semua batasan ada untuk investor sekalian, ICO langit-langit aktif membuat rangkaian batasan keras yang tingkatkan modal dengan bertahap. Tipe ICO ini mempunyai keuntungan menahan paus beli semua peruntukan sekalian, yang bisa merintangi investor kecil untuk beli.

Buat Peta Jalan Produk Anda

ICO Anda ialah fasilitas untuk capai arah. Investor Anda akan ingin ketahui kenapa Anda tingkatkan modal ini, akan dipakai buat apa dan ke mana arah perusahaan Anda. Peta jalan produk yang terinci dibutuhkan untuk memberikan keyakinan investor jika usaha Anda syah dan kemungkinan akan sukses.

Peta jalan harus berisi:

  • Visi project Anda yang dilafalkan secara baik — mengaryakan seorang copywriter bisa menolong Anda merealisasikannya.
  • Serangkaian tonggak dan arah SMART (detil, terarah, bisa dilakukan tindakan, realitas, terlilit waktu).

Catat Kertas Putihmu

Kertas putih ialah promo untuk ICO Anda. Ini bisa menjadi bahan bacaan khusus untuk investor yang lakukan tes habis mereka pada project Anda. Buku putih ini akan penting dalam memberikan keyakinan investor jika project Anda syah dan dapat dipercaya, dan baiknya Anda inginkannya saat sebelum membuat komune Anda dan mencapai investor, baik Anda lakukan ICO individu atau khalayak.

Buku putih Anda harus meliputi semuanya yang disebut sebelumnya, dimulai dari penelitian pasar dan team Anda sampai tehnologi, tokenomik, dan peta jalan produk Anda. Tidak boleh hemat pada copywriter dan pendesain grafis — makin baik penampilan kertas putih Anda, makin baik penampilan project Anda.

Bila Anda ingin pemerincian komplet mengenai langkah menulis dan membuat kertas putih Anda, baca tutorial Cointelegraph mengenai segalanya yang harus dipahami mengenai kertas putih.

Siap-siap untuk Penyeluncuran

Buat website dan merk Anda

Investor akan memandang project berdasar kualitas website Anda. Karyakan pengembang dan perancang situs terbaik yang Anda sanggup dan tidak ambil jalan singkat. Bila project Anda memiliki sifat internasional dan Anda ingin menarik investor internasional, Anda harus menimbang untuk sewa penerjemah professional untuk mengartikan website Anda ke bahasa asli yurisdiksi yang ingin Anda bidik.

Saat sebelum ICO Anda dikeluarkan, website Anda harus juga mempunyai halaman instruksi pemasaran token. Halaman ini harus tawarkan kutipan project Anda dan harga jual paling besarnya, dan kertas putih Anda diikuti secara jelas. Halaman instruksi yang digerakkan secara baik menjadi panduan yang kuat untuk ICO Anda.

Bangun komune Anda

Komune ialah segala hal di kripto. Komune yang berdedikasi, setia, dan semangat bisa menjadi pengubah permainan dalam pasarkan project dan ICO Anda. Anda akan menolong membuat komune Anda dengan jalinan warga (PR) yang serius dan dorongan marketing.

Pada umumnya, Anda akan dilayani secara baik oleh agen PR dan marketing yang berspesialisasi dalam ICO dan kripto. Cryptoverse itu unik, dan mayoritas pegiat korporat dan tradisionil tidak mempunyai pengetahuan yang cukup hebat mengenai ekosistem, investor, atau media.

PR: Team PR yang luar biasa mempunyai jemari di nadi media kripto (dan mempunyai potensi media tehnologi dan nasional) dan contact yang bisa dibuktikan baik sekali didalamnya. PR bisa membuat Anda diperlihatkan dalam kreasi kepimpinan pertimbangan di publisitas kripto tingkat atas, menempatkan Anda sebagai pakar untuk diambil dalam informasi trend yang berarti, menulis tayangan jurnalis yang landing dan, yang terpenting, tahu langkah sampaikan project detil Anda ke wartawan. Mereka bisa juga tampilkan pendiri di podcast dan diinterviu di aliran YouTube yang diadakan oleh figur kripto populer.

Group komune: Anda ingin pastikan jika Anda terus-terusan turut serta dengan komune Anda saat sebelum, sepanjang, dan sesudah ICO Anda. Manager komune akan atur dan membuat aliran Slack, Telegram, dan Discord Anda, sekalian mengurus investor Anda yang ingin ketahui dan semangat. Aktiflah di komunitas seperti Reddit dan BitcoinTalk, catat website Media Anda sendiri dan perbaiki GitHub Anda dengan teratur.

Sosial media: Kedatangan yang turut serta di aliran sosial media terpopuler penting untuk memberikan info ke investor dan calon investor. Karyakan manager sosial media yang bisa memberikan Anda kedatangan yang melipur dan menarik.

Pay-to-play: Banyak basis sosial media arus khusus larang iklan berkaitan ICO di tahun 2018 (walau mereka sudah longgarkan beberapa larangan ini) tapi Anda masih bisa jalankan iklan berbayar di publisitas crypto dan media yang lain. Sebaiknya melakukan eksperimen dengan beragam tipe mode iklan dan harga (misalkan, siaran versus respon langsung) pada beragam tahapan pemasaran token.

Marketing influencer: Memperoleh selebritas yang pantas jadi perhatian bisa menggerakkan pernyataan dan keyakinan pada project Anda ke tingkat yang semakin tinggi. Yakinkan Anda lakukan banyak tes habis dan pilih influencer yang pas — Anda akan menyangkutkan rekam jejak Anda dengan rekam jejak mereka.

Program bounty: Anda bisa menghidupkan ketertarikan pada project Anda saat sebelum ICO dengan tempatkan bounty pada laporan bug, mempromokan project Anda, memiara komunitas dan project fans yang lain, dan pekerjaan yang lain. Mereka ialah langkah yang baik untuk menggerakkan pribadi yang memahami kripto untuk turut serta dengan detil project Anda.

Kalender ICO: Anda harus pastikan ICO Anda tercatat di semua kalender ICO terpopuler, seperti kalender ICO Cointelegraph.

Instansi pemeringkat: Basis pemeringkat specialist akan memandang dan mengaudit ICO Anda. Mereka mahal tapi bisa tawarkan cap kualitas dan integritas yang mengagumkan.

Daftar di Bursa Kripto

Tidak baik memiliki proyek yang brilian, token yang semua orang ingin beli, dan sama sekali tidak ada tempat untuk menjualnya. Sangat penting untuk memiliki token yang terdaftar di bursa sebelum tanggal ICO Anda. Mendaftar di bursa kripto berkualitas tinggi, aman, dan sesuai hukum juga akan membantu mempromosikan ICO Anda secara organik.

Semua bursa memiliki persyaratannya sendiri untuk memungkinkan Anda mendaftar, seringkali tergantung pada sifat token dan bisnis Anda. Beberapa dari persyaratan ini akan bersifat universal seperti memiliki kontrak pintar yang diaudit.

Karena pertukaran menghasilkan uang dengan membebankan biaya pada perdagangan, mereka tertarik untuk mendaftarkan token baru yang diminta. Jika Anda memiliki komunitas yang cukup besar dan dapat menunjukkan permintaan yang tinggi untuk token Anda, Anda tidak akan kesulitan menemukan pertukaran untuk mendaftarkan Anda. Proses aplikasi dan daftar biasanya memakan waktu 1-2 bulan, jadi pertimbangkan itu dalam timeline Anda dan peta jalan ICO secara keseluruhan.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Panduan Pemula untuk Meningkatkan Modal Menggunakan Cryptocurrency” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment