Fintech : Tips Usaha Angkringan Untuk Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal – Apakabarjabar.com

Tips Usaha Angkringan Untuk Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Tips Usaha Angkringan Untuk Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Usaha angkringan adalah usaha kulineran yang memberikan keuntungan. Di Jogja, angkringan bisa ditemui di setiap pojok kota dan semua laris. Pebisnis kecil di kota lain mempunyai kesempatan untuk raih keuntungan ini. Tetapi, berapakah modal usaha angkringan yang diperlukan?

Modal ini pasti bergantung pada ide angkringan dan beberapa hal yang lain. Tipe usaha ini sebenarnya ialah usaha kulineran simpel, tetapi juga bisa dibikin dalam ide lebih kekinian. Selainnya harus menyiapkan modal, pebisnis angkringan harus juga tahu strategi sukses jalani usaha ini.

Strategi Sukses Usaha Angkringan

Untuk mengoptimalkan keuntungan dan meminimalkan rugi, calon pebisnis angkringan perlu lakukan beberapa trick.

1. Tentukan Lokasi yang Cocok

Penyeleksian lokasi yang cocok menjadi satu diantara kunci keberhasilan usaha angkringan. Contoh-contoh tempat vital untuk usaha ini ialah tempat dekat universitas, sekolah, perkantoran, dan tempat rekreasi. Di tempat itu ada banyak orang yang hendak tertarik jajan di angkringan.

2. Tetapkan Konsep Angkringan

Angkringan yang mempunyai ide menarik pasti bawa keuntungan untuk pemiliknya. Angkringan dekat universitas atau tempat rekreasi seharusnya mempunyai ide kekinian. Untuk membuat ide ini, pebisnis perlu kreasi gerobak dan tempat makan yang kekinian.

Disamping itu, pebisnis perlu sediakan jaringan Wifi gratis dan live music pada hari tertentu. Tetapi, angkringan dekat permukiman seharusnya mempunyai ide simpel.

Masyarakat permukiman biasanya cukup heterogen. Dengan begitu, ide angkringan paling aman untuk sasaran customer ini ialah angkringan simpel.

3. Melakukan Promo

Promo di sosial media, promo berbentuk spanduk, dan penawaran khusus bisa mengangkat jumlah konsumen setia angkringan. Hingga, pebisnis angkringan wajib melakukan promo secara periodik untuk menarik konsumen setia.

4. Menawarkan Menu Spesial

Angkringan biasanya menjajakan nasi kucing, bermacam gorengan, bermacam sate, dan bermacam minuman. Supaya orang berminat untuk singgah ke angkringan, pebisnis seharusnya menawarkan satu atau dua menu special, misalnya roti bakar, wedang bajigur, dan ceker pedas.

5. Menjaga Kebersihan

Supaya konsumen setia nyaman makan di angkringan, pemilik usaha ini harus sanggup jaga kebersihan tempat, gerobak, makanan, dan perlengkapan makan.

Estimasi Modal Usaha Membuka Angkringan

Modal yang dibutuhkan untuk buka angkringan cukup beragam. Beberapa pebisnis akui jika mereka membutuhkan modal awalnya sebesar lebih kurang enam juta rupiah. Tetapi, ada pula yang akui membutuhkan modal usaha angkringan sekitaran empat juta rupiah pada awal keputusannya.

Berikut perincian beberapa hal yang dibutuhkan untuk buka angkringan dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk memperolehnya.

1. Sewa Tempat

Tempat berjualan angkringan umumnya di emperan toko atau trotoar. Ongkos sewa tempat ini benar-benar bergantung pada lokasi. Angkringan yang ada di tempat yang lumayan luas dan di dekat keramaian biasanya tambah mahal.

Ongkos yang yang dibutuhkan ini sekitar dari 500 ribu sampai 1 juta rupah /bulan. Banyak pemilik tempat telah masukkan ongkos air dan listrik ke ongkos sewa ini. Tetapi, ada pula yang belum.

2. Gerobak

Harga gerobak angkringan simpel mulai sekitaran dua juta rupiah. Harga gerobak angkringan dengan ide kekinian atau Jepang mulai sekitaran tiga juta rupiah. Untuk memotong besarnya modal awalnya, calon pebisnis angkringan bisa beli gerobak sisa yang pantas.

3. Terpal

Angkringan biasanya memerlukan terpal, tetapi, ada pula yang tidak membutuhkannya karena angkringan itu ada di teras atau emperan toko yang mempunyai atap lumayan memadai. Untuk keperluan terpal ini, pebisnis membutuhkan uang lebih kurang 200 ribu.

4. Perlengkapan Berjualan

Perlengkapan berjualan mencakup perlengkapan makan minum, nampan, kompor, tabung gas, perlengkapan masak, teko besar, termos es, dan lain-lain. Untuk beli perlengkapan ini, modal usaha angkringan yang diperlukan ialah sekitaran 1,lima juta.

5. Meja, Bangku, Alas

Besarnya keperluan meja, bangku, dan alas ini bergantung pada ide angkringan. Bila angkringan mempunyai ide lesehan, karena itu pebisnis akan membutuhkan alas dan meja lesehan. Untuk ide ini, pebisnis perlu dana sekitaran 400 ribu rupiah.

Tetapi, bila idenya angkringan simpel, karena itu perlu bangku panjang. Untuk ide ini, pebisnis perlu dana sekitaran 150 ribu. Tetapi bila idenya kekinian, cukup seperti cafe, karena itu ongkosnya semakin besar.

6. Bahan makanan

Modal yang dibutuhkan untuk bahan makanan ini bergantung jumlahnya menu makanan yang dipasarkan. Untuk membikin bermacam sate, bermacam gorengan, nasi kucing, dan bermacam minuman, pebisnis angkringan membutuhkan uang minimum 300 ribu setiap hari.

Bila seluruh keperluan itu dijumlahkan, modal usaha angkringan minimum ialah 4,tujuh juta. Pada beberapa hari pertama berjualan, dagangan biasanya belum laku. Hingga pebisnis perlu mempunyai tambahan modal untuk penuhi biaya operasional dan bahan makanan sepanjang beberapa waktu ke depan.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Tips Usaha Angkringan Untuk Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment