Fintech : Simak Daftar Saham Sinarmas Group di Tahun 2022 – Apakabarjabar.com

Simak Daftar Saham Sinarmas Group di Tahun 2022

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Simak Daftar Saham Sinarmas Group di Tahun 2022”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Saat menyaksikan simbol group Sinarmas di atas, kemungkinan pikiran Anda segera terpikir simbol salah satunya buku tulis yang populer pada zaman 90 sampai 2000-an. Yap! Betul sekali Sinarmas Group ataupun lebih persisnya PT Sinar Dunia Makmur sebagai produsen buku tulis Sinar Dunia (SiDu).

Tetapi tahukah Anda jika Sinarmas Group lebih dari sekadar buku tulis Sinar Dunia? Perusahaan yang dibangun oleh Eka Tjipta Widjaja ini sekarang sudah berumur 83 tahun dan meningkatkan 6 pilar usaha yang lain di luar produksi beberapa barang dari serbuk kayu seperti kertas.

Secara keseluruhan, Sinarmas Group mempunyai 7 pilar usaha khusus yang semasing berisi beragam perusahaan. 7 pilar itu adalah:

  • Asia Pulp dan Paper (APP) yang secara eksklusif menghasilkan beberapa barang hasil dari olahan serbuk kayu.
  • Agribisnis dan Pangan khusus untuk memproduksi beberapa barang keperluan setiap hari yang dengan bahan dasar kelapa sawit.
  • Sinar Mas Land unit usaha Sinarmas Group di bagian developer properti.
  • Financial Services, unit usaha Sinarmas Group untuk bidang keuangan.
  • Sinarmas Communication Technology.
  • Sinarmas Energy and Infrastructure.
  • Sinarmas Healthcare.

Disamping itu, Sinarmas mempunyai unit yayasan khusus untuk salurkan dana CSR perusahaan ke beragam bidang yang memerlukan terutamanya bidang pengajaran.

Beberapa perusahaan dari beberapa pilar usaha Sinarmas Group seperti Smartfren, Tjiwi Kimia dan sebagainya sekarang telah listing di Bursa Dampak Indonesia. Lantas, bagaimana keadaan saham perusahaan itu sekarang ini? Berikut daftar saham Sinarmas Group tahun 2022:

1. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

Warga yang tinggal di Jabodetabek pasti tidak asing dengan BSD City. Yap! BSD City Serpong, Tangerang adalah kota yang lahir dari mega project pemerintahan bersama PT. Bumi Serpong Damai di tahun 1989.

Awalannya BSDE sebagai hasil patungan beberapa perusahaan besar. Tetapi saat kritis moneter tahun 1998, Sinarmas mengakuisisi sebagian besar saham perusahaan ini. Sekarang ini dua anak perusahaan Sinarmas, PT Paraga Artamida dan PT Ekacentra Usahamaju, kuasai sekitaran 78% saham BSD.

BSDE dipandang banyak riset sebagai saham property favorit di Indonesia.

2. PT Smartfren Telecom Tbk (FREN)

PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) adalah salah satunya perusahaan Sinarmas Group yang ada di baris tehnologi komunikasi. Berdiri di tahun 2003, perusahaan ini mulai listing di bursa di tahun 2006 dan sekarang sudah menjadi satu diantara saham perusahaan telekomunikasi terbaik di Indonesia.

Sekarang ini Smartfren sudah dipakai oleh lebih dari 10 juta pemakai di semua Indonesia. Baik dari sisi jumlah pemakai atau kapitalisasi pasar, sampai sekarang ini Fren jadi perusahaan tehnologi komunikasi paling besar ke-5 di semua Indonesia.

3. PT Indah Kiat Pulp (INKP)

Perusahaan yang lain masuk ke baris Asia Pulp dan Paper (APP) selainnya TKIM adalah PT Indah Kiat Pulp and Paper (INKP). Sedikit berlainan dengan Tjiwi Kimia, INKP mempunyai bentang produk yang banyak dimulai dari kertas karton, buntel rokok, kardus lain sampai kertas nota juga ada.

Sama dengan Tjiwi Kimia, Sinarmas membangun perusahaan ini di tahun 1978. Namun, konsentrasi dari INKP dari dulu memang produksi beberapa barang hasil olahan serbuk kayu. Sekarang ini INKP mempunyai 3 pabrik di Serang, Perawang Riau dan Tangerang.

4. PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM)

Buku tulis SiDu di atas adalah hasil produksi PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia. Selainnya buku tulis, perusahaan ini menghasilkan beragam komoditas hasil olahan serbuk kayu lain seperti, kertas foto copy, kertas binder, amplop, buntel makanan dan lain-lain.

Perusahaan ini awalannya sebagai perusahaan pabrik soda sebelumnya terakhir diambil oleh Sinarmas di tahun 1978 dan konsentrasi upayanya diarahkan pada beragam produk buatan serbuk kayu sampai sekarang ini.

5. PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

Selainnya BSD, Sinarmas Group meningkatkan teritori industri di Cikarang bernama Deltamas City. Teritori selebar 3.200 ha ini terbagi dalam teritori industri, teritori usaha dan perumahan yang diperkembangkan oleh PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) dan Sojitz Corporation Japan semenjak tahun 1994.

Sesudah sukses membuat teritori industri, di tahun 2015 perusahaan ini lakukan initial public offering (IPO). Sekarang ini PT Puradelta Lestari Tbk sebagai perusahaan developer property paling besar ke enam di Indonesia.

6. PT Asuransi Jiwa Sinarmas  (LIFE)

PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) adalah perusahaan anggota Sinarmas Group yang beroperasi di sektor service asuransi jiwa. Terhitung antara servicenya adalah asuransi jiwa syariah dan pengendalian dana pensiun.

Berdiri semenjak tahun 1984, di tahun 2011 perusahaan ini lakukan peralihan susunan modal dengan jadi gabung venture di antara sinarmas dengan Mitsui Sumitomo Insurance Co Japan. Lantas, di tahun 2019 perusahaan ini mengadakan initial public offering (IPO).

7. PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI)

PT.Duta Pertiwi Tbk (DUTI) adalah anggota group Sinarmas Land di bawah PT Bumi Serpong Damai Tbk. Pekerjaan perusahaan ini adalah membuat property komersil dan residensial dalam BSD atau di luar BSD. Terhitung salah satunya adalah membuat kompleks perkantoran di teritori Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta Pusat dan beberapa hotel di Jakarta, Surabaya dan Balikpapan.

8. PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA)

Bila perusahaan nomor 7 di atas sebagai anggota Sinarmas Group yang beroperasi di sektor asuransi saja, karena itu PT Sinarmas Multiartha Tbk atau SMMA adalah sisi group perusahaan ini yang bekerja di bagian keuangan selengkapnya.

Anak perusahaan PT Sinarmas Multiartha Tbk bergerak dalam beragam sektor keuangan dimulai dari bank (Bank Sinarmas), asuransi, perusahaan multifinance atau leasing sampai perusahaan sekuritas (Sinarmas Sekuritas).

Perusahaan ini mulai jadi perusahaan khalayak di tahun 1995. 15 tahun sesudahnya, Bank Sinarmas, salah satunya anak perusahaan SMMA dengan cara resmi jadi perusahaan khalayak dengan code saham BSIM.

9. PT SMART Tbk (SMAR)

PT Sinar Mas Agro Sumber and Tech Tbk atau yang dipersingkat dengan SMART adalah salah satunya baris usaha Sinarmas paling tua dan sebagai salah satunya saham perusahaan perkebunan terbaik. Dibangun di tahun 1962, perusahaan ini mulai IPO di tahun 1992. Sekarang ini SMART sudah mengurus tempat sawit selebar 137.100 hektar.

Banyak produk perusahaan ini yang dikenali khalayak luas seperti, minyak goreng Filma, minyak goreng kunci mas, air minum dalam paket Pristine dan lain-lain.

10. PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA)

Silahkan kita masuk ke salah satunya anggota Sinarmas Energy and Infrastructure, PT Dian Swastika Sentosa Tbk. Dibangun di tahun 1996, perusahaan ini mulai listing di bursa di tahun 2009. dua tahun sesudahnya, anak perusahaan ini yang namanya PT Golden Energy Mines Tbk lakukan IPO.

Konsentrasi khusus usaha DSSA beroperasi di sektor pembuatan energi terbarukan, uap dan tambang. Tetapi, anak perusahaan DSSA ada juga yang beroperasi di sektor trading komoditas mirip emas dan batu bara.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Simak Daftar Saham Sinarmas Group di Tahun 2022” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment