Berikut Ini Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres – Apakabarjabar.com

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

WhatsApp memang masih jadi aplikasi perpesanan paling populer sedunia. Menurut Statista, pengguna aktif bulanannya ada 2 miliar orang di seluruh dunia per Oktober 2020. Jumlah pengguna tersebut nyaris separuh dari penduduk dunia maya yang sekarang mencapai 4,39 miliar.

Namun demikian, isu privasi yang mengemuka membuat orang-orang kini mulai meninggalkan WhatsApp. Aplikasi perpesanan yang dirintis Jan Koum itu disebut akan ‘memaksa’ penggunanya menyerahkan data pribadi kepada induk perusahaan, Facebook, untuk kepentingan bisnis. Jika pengguna tidak mau, mereka tidak akan bisa lagi menggunakan akun WhatsApp-nya.

Kebijakan ini menuai polemik meskipun akhirnya ditarik lagi untuk dikaji ulang. Aplikasi perpesanan lain pun ketiban ‘durian runtuh’ atas apa yang terjadi terhadap WhatsApp. Salah satunya adalah Telegram, yang pada Januari 2021 sudah memperoleh 500 juta pengguna aktif. Sangat banyak, bukan?

Nah, karena sudah banyak yang sudah menggunakan Telegram namun kadang ada juga yang mungkin kurang nyaman menggunakan Telegram sehingga memutuskan untuk menghapus akunnya. Untuk itu, di sinilah kami mau memberikan tutorial tentang cara menghapus akun Telegram. Sebelumnya, kita intip dulu hal menarik dari aplikasi Telegram, yuk!

Hal Menarik dari Aplikasi Telegram

Telegram terkenal dengan kecepatan dan keamanannya, dua hal yang belum jadi fokus WhatsApp pada awal berdiri. Selain dua hal itu, apa sih yang membuat Telegram menarik?

1. Channel dan Username

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres 1

Fungsi dasar Telegram sebagai aplikasi perpesanan sebenarnya dapat ditemukan di aplikasi lain. Seperti mengirim teks, foto, video, mp3, dan zip. File dokumen pdf, excel, powerpoint, dan word pun bisa dikirim menggunakan Telegram. Ukuran per file-nya maksimal 2 GB, dan seluruhnya bisa dibagikan ke pengguna lain atau ke sebuah grup tanpa batas.

Hanya saja, Telegram punya fitur channel yang kemudian diikuti oleh banyak aplikasi lain. Fitur ini sederhananya adalah model komunikasi satu arah dari satu pengirim ke banyak penerima. Biasanya digunakan oleh figur publik, instansi, perusahaan, organisasi agar para pengikutnya mengetahui kabar terbaru.

Selain channel, fitur unik selanjutnya adalah username. Username bisa jadi pengganti nomor telepon saat orang lain perlu menambahkan akun kita ke dalam kontaknya. Daripada mencatat nomor telepon, mengingat username akan lebih mudah.

Meski begitu, username tidak bisa menggantikan sepenuhnya nomor ponsel. Sebab, satu akun Telegram wajib memerlukan satu nomor ponsel yang aktif.

2. Bisa Digunakan di Banyak Perangkat dalam Satu Waktu

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres 3
*

Telegram dan beberapa aplikasi perpesanan sudah menyediakan fitur mengakses pesan di desktop PC, baik lewat website atau aplikasi tambahan. Fitur ini penting untuk para pekerja kantoran yang jarang membuka HP karena lebih fokus menatap layar komputer.

Dengan fitur ini, pekerja bisa berkoordinasi secara realtime dengan rekan kerjanya, atau dapat segera mengetahui kabar penting yang sifatnya darurat. Akan tetapi, satu akun Telegram ternyata tidak hanya bisa digunakan di ponsel dan komputer secara bersamaan.

Pasalnya, seorang pengguna juga bisa login ke beberapa perangkat dengan akun yang sama. Misalnya, satu akun dipakai untuk ponsel Android, HP iPhone, tablet, dan PC dalam satu waktu.

3. Kapasitas Tampung Anggota Grup

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres 5

Satu grup di Telegram bisa menampung anggota sampai 200 ribu orang. Kapasitas ini terhitung luar biasa dibanding dengan beberapa aplikasi perpesanan lain. Misalnya WhatsApp yang maksimal menampung 256 orang, atau LINE yang mentok di angka 499 anggota.

Kapasitas tampung yang luar biasa itu akan berguna untuk berbagai kepentingan. Contohnya ketika ingin membuat grup berdasarkan keluarga atau marga. Bisa juga untuk grup pecinta anime, komunitas penyuka hewan kesayangan, hingga perkumpulan pemodif kendaraan.

Grup dengan daya tampung besar itu juga didukung dengan fasilitas replies (membalas), mentions (menyebut nama), dan hashtag (tanda pagar diikuti kata kunci) untuk memudahkan komunikasi.

4. Pesan Disimpan di Penyimpanan Awan

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres 7

Kamu tak perlu khawatir menggunakan Telegram akan menyedot ruang memori internal HP. Pasalnya, seluruh pesan, media, file, yang kamu kirim disimpan di drive penyimpanan awan yang dimiliki oleh tim Telegram. Sehingga, storage ponselmu bisa nyaris tak digunakan untuk menyimpan pesan, kecuali aplikasi Telegram itu sendiri.

Tim pengembang bilang bahwa pengguna hanya butuh kurang dari 100 MB ruang di ponselnya untuk memasang aplikasi Telegram. Sistem di Telegram bahkan otomatis akan menghapus gambar atau video di akunmu jika memori internal di ponsel hampir penuh.

Namun, jika suatu saat kamu memerlukannya, kamu bisa mengunduhnya lagi. Soalnya file yang dihapus adalah yang ada di ponsel, bukan yang terdapat di penyimpanan awan.

5. Keamanan Terjaga

Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres 9

Tim Telegram telah menjamin bahwa aktivitas komunikasi yang dilakukan penggunanya sudah terenkripsi, baik saat berkirim pesan maupun melakukan panggilan. Sehingga, pengguna tak perlu khawatir jika akun mereka dibobol atau diretas pihak tak bertanggung jawab. Sistem enkripsi yang dipakai Telegram adalah MTProto yang merupakan rancangan oleh pendiri Telegram, Nikolai Durov.

Sistem tersebut dirancang dengan teknologi enkripsi berbasis AES 256 bit, enkripsi RSA 20148, dan Diffie-Hellman. Untuk bisa menjebol akun seseorang dan membaca pesan yang ada di dalamnya, seorang peretas harus menebak kode-kode yang sangat rumit. Bukti bahwa Telegram menerapkan sistem enkripsi tingkat tinggi dapat dilihat dari fitur passcode ketika membuka aplikasi dan secret chat.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Ini Cara Menghapus Akun Telegram Sampai Beres” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Leave a Comment