TIps & Trick : Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah – Apakabarjabar.com

Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Sekarang semakin sering ditemui komputer atau laptop yang dijual beserta sistem operasi Windows di dalamnya. Orang-orang yang membeli sebuah laptop pun tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli DVD Windows asli. Apalagi, harga lisensi Windows untuk satu komputer juga tidak murah.

Karena itu, kehadiran laptop built-in Windows cukup membantu buat konsumen. Bahkan harganya juga relatif lebih murah ketimbang membeli laptop dan Windows secara terpisah. Di sisi lain, terkadang kita lupa tidak menanyakan kepada penjual soal Windows versi berapa yang sudah ter-install di dalam laptop kita.

Sementara itu, stiker tanda bahwa laptop tersebut sudah terinstall Windows, biasanya ditempel di bagian bawah laptop, sudah mengelupas tulisannya. Sekadar informasi, versi adalah istilah yang dipakai Microsoft untuk memberi kode build number pembaruan dari setiap generasi Windows. Di Windows XP dan Windows 7 dulu dikenal dengan istilah Service Pack (SP).

Jadi, versi bukanlah ragam jenis dari Windows seperti: Home, Profesional, atau Pro for Workstations. Microsoft mengistilahkan tiga hal tersebut sebagai “edisi” dari suatu Windows.

Meski begitu, antara versi dan edisi memang ada kaitannya. Kembali ke masalah mencari tahu versi Windows, kamu tak perlu bingung jika menghadapi situasi lupa versi Windows. Sebab, Apakabarjabar.com sudah menyiapkan langkah mudah untuk mencari informasi tentang versi Windows yang ter-install di sebuah komputer desktop atau laptop di artikel ini. Namun sebelum ke sana mari kita tengok dulu sejarah kemunculan Windows secara singkat.

Sejarah Singkat Windows

Kamu mungkin tak pernah merasakan seperti apa pengalaman menggunakan komputer pada era 1970-an. Namun, kamu tentu pernah mengutak-atik BIOS untuk melakukan pengaturan tertentu. Kira-kira seperti itulah rasanya memakai komputer zaman dulu, mirip BIOS: text based.

Makanya pengguna komputer zaman dulu tak kenal beberapa elemen seperti drag and drop, klik next, next, next, dan finish, hingga copy-paste. Sistem operasi DOS yang dipakai zaman dulu memang belum mengenal tampilan berbasis visual. Baru pada 1980-an sistem operasi berbasis visual bermunculan.

Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah 1

Salah satunya adalah Windows 1.0 yang dirilis ke publik pada 1985. Namun, status Windows 1.0 saat itu masih merupakan antarmuka yang mempercantik MS-DOS (Microsoft Disk Operating System). Beberapa program seperti kalkulator, kalender, control panel, dan paint, dirancang berbasiskan Windows 1.0. Yakni dengan tampilan jendela-jendela kecil yang belum bisa diluaskan hingga fullscreen.

Pengembangan berlanjut dengan diluncurkannya Windows 2.0 (1987). Kali ini sebuah tampilan program sudah bisa di-minimize dan maximize. Selain itu, pengguna sudah bisa membuka lebih dari satu program (multitasking) karena Windows 2.0 telah mengenal virtual memory. Pemasangan aplikasi pihak ketiga juga sudah bisa di sini. Termasuk memasang aplikasi Microsoft yang dulunya cuma bisa ditemui di komputer Apple: Excel dan Word.

Windows 3.0 pun keluar pada 1990 dan menjadi titik awal kesuksesan Microsoft. Windows ini adalah generasi pertama yang memerlukan hard disk sebagai media penyimpanan, mendukung warna hingga 256 jenis, dan dilengkapi gim Solitaire. Ada juga pemutar lagu dan video Windows Media Player

Dua tahun berselang lahirlah Windows 3.1 sebagai penyempurna. Ini adalah Windows pertama yang dipercaya sebagai platform penerbitan karena adanya TrueType font bikinan Apple. Saat era internet bergejolak pada 1995, Microsoft merespons dengan Windows 95. Inilah Windows pertama yang punya tombol Start di pojok kiri bawah, mendukung aplikasi berbasis 32 bit, dan punya browser Internet Explorer.

Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah 3

Windows 95 juga dikenal fleksibel karena komputer jadi lebih mudah dipasangkan dengan berbagai perangkat (plug and play). Ketika Windows 98 meluncur, fitur hibernate hadir. Komputer yang berjalan di Windows ini pun mulai dikenalkan dengan port USB.

Dualisme Kernel

Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah 5

Jauh sebelum punya Windows 1.0, Microsoft adalah penyuplai sistem operasi (MS DOS) buat perusahaan pembuat komputer korporat. IBM adalah salah satu perusahaan yang jadi partner Microsoft. Namun IBM ingin komputernya punya sistem operasi yang berbeda dari partner-partner Microsoft yang lain.

Maka pada 1985 terjalinlah kerja sama kedua belah pihak untuk menggarap sistem operasi khusus bernama OS/2 untuk PC IBM. Hanya saja, kerja sama ini usai pada 1990 karena perbedaan visi. OS/2 akhirnya dilanjutkan sendiri oleh IBM, sedangkan Microsoft mengganti nama OS/2 dengan Windows NT 3.1 (meluncur 1993).

Windows NT 3.1 ini punya arsitektur yang berbeda dari Windows 1.0 dan para penerusnya. Windows NT menggunakan kernel NT yang sifatnya hibrida (kompatibel dengan banyak arsitektur software dan prosesor). Sedangkan Windows 1.0 dan para penerusnya (hingga Windows ME) berbasis kernel monolitik MS DOS.

Sejak 1993, fokus Windows terbagi menjadi dua, menyediakan sistem operasi buat komputer korporat dan komputer rumahan. Hanya, sistem operasi keluarga MS DOS mengalami kegagalan setelah kemunculan Windows ME (muncul pada 2000). Pasalnya, pengguna mendapati bug yang begitu banyak.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Cara Melihat Versi Windows di Komputer dengan Mudah” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Originally posted 2022-09-20 18:06:50.

Leave a Comment