Fintech : Keuntungan Dalam Investasi Saham Dan Perhitungannya – Apakabarjabar.com

Keuntungan Dalam Investasi Saham Dan Perhitungannya

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Keuntungan Dalam Investasi Saham Dan Perhitungannya”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Saham sebagai bukti pemilikan atas satu perusahaan. Sekarang ini, investasi saham menjadi satu diantara opsi untuk memperoleh penghasilan pasif yang banyak disukai oleh warga karena saham sanggup memberi keuntungan yang memikat.

Disamping itu, saham sebagai instrument investasi yang terbanyak diputuskan oleh investor karena harga yang cukup dapat dijangkau dan gampang dilaksanakan. Bahkan juga, investor mempunyai potensi mendapat keuntungan yang tinggi jika sanggup pilih tipe saham yang pas dan jeli.

Sama seperti yang kita kenali, arah investasi untuk memperoleh keuntungan dan melipatgandakan jumlah modal investor. Oleh karenanya, kamu harus tahu apa keuntungan investasi saham. Berikut keuntungan yang didapat dalam investasi saham.

2 Keuntungan Investasi Saham Dan Perhitungannya

Capital Gain

Keuntungan investasi saham yang pertama yakni ada kekuatan capital gain.

Capital gain ialah keuntungan yang didapat investor yang dari beda nilai jual satu saham pada harga belinya.

Jika satu perusahaan terus alami perubahan dan perkembangan dalam jalankan upayanya, karena itu harga saham perusahaan itu peluang akan naik. Pada keadaan semacam ini, investor dapat jual sahamnya di harga yang semakin tinggi dibanding harga saat beli saham itu. Nach, beda berikut yang diberi nama capital gain.

Maka capital gain akan terlaksana jika saham itu telah dipasarkan oleh investor. Adapun rumus capital gain ialah seperti berikut.

Capital Gain = Keseluruhan Harga Jual – Keseluruhan Harga Membeli

Contoh Penghitungan Capital Gain

Misalnya kamu beli saham Sido Ada pada Januari 2018 pada harga Rp 310 per helai sekitar 10.000 helai. Lantas, pada Februari 2022 kamu memutusukan untuk jual semua saham Sido Ada itu.

Sama sesuai harga di bulan februari 2022 yakni Rp 955 per helainya.

Capital gain yang didapat seperti berikut :

Keseluruhan harga membeli = Rp 310 x 10.000 helai = Rp 3.100.000

Keseluruhan nilai jual = Rp 955 x 10.000 helai = Rp 9.55.000

Capital gain = Keseluruhan nilai jual – keseluruhan harga membeli = Rp 6.450.000.

Mendapat Dividen

Selanjutnya, keuntungan ke-2 yang hendak kamu peroleh saat melakukan investasi saham ialah penghasilan dividen. Dividen sebagai pembagian keuntungan perusahaan ke pemegang saham yang besarannya berdasar jumlah saham yang dipunyai. Makin bertambah jumlah saham yang dipunyai investor, karena itu pencapaian nilai dividen akan makin besar yang diterima dari perusahaan.

Pencapaian dividen berbentuk keuntungan, biasanya akan dibagi dalam periode waktu setahun sekali yang keputusan pembagiannya akan diputuskan lewat Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

Tiap emiten mempunyai peraturan yang lain, ada yang membagi dividen 1 kali, 2x, 3x satu tahun, bahkan juga ada pula yang tidak membagi dividen.

Di saat berjalannya RUPS ini, perusahaan akan mengulas dan tentukan nominal yang hendak diberi dengan 3 poin utama yang diperhitungkan, yakni Dividen Payout Ratio (DPR), jumlah saham yang tersebar, dan keuntungan bersih yang didapat perusahaan.

Saat investor sudah sah memperoleh sisi dividen, karena itu otomatis investor itu sudah dianggap sebagai sisi dari pemilik perusahaan.

Dengan begitu, dividen bisa disebutkan sebagai penghasilan sampingan atau penghasilan pasif karena investor perlu menanti keuntungan perusahaan dalam periode waktu tertentu tak perlu banyak beraktivitas trading.

Disamping itu, lewat dividen ini kamu dapat membuat program pensiun dengan melakukan investasi dengan teratur pada instrument investasi yang mempunyai potensi tumbuh di atas inflasi, satu diantaranya ialah saham.

Tetapi, seharusnya saham yang diputuskan untuk melakukan investasi harus datang dari perusahaan yang mempunyai esensial bagus, dan terus mencatat perkembangan keuntungan yang konstan hingga jumlah dividen yang dibagi akan naik tiap tahunnya.

Contoh Penghitungan Dividen

Misalnya kamu melakukan investasi pada saham Sido Ada sekitar 10.000 helai. Di tahun 2021 lalu, Sido Ada membagi dividen 2x, dengan keseluruhan Rp 34,2 per helainya (bisa disaksikan pada gambar di bawah yang kotak merah).

Maknanya, untuk pemiliki saham Sido Ada akan diberi dividen sejumlah Rp 34,2 per helainya. Karena itu, penghitungan dividen ini jadi :

Dividen yang diterima = Rp 34,2 x 10.000 helai = Rp 342.000 (saat sebelum dipotong pajak).

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Keuntungan Dalam Investasi Saham Dan Perhitungannya” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Originally posted 2022-09-20 15:58:04.

Leave a Comment