Fintech : Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia – Apakabarjabar.com

Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Alat pembayaran benar-benar diperlukan dalam beragam aktivitas ekonomi dimulai dari berbelanja setiap hari, beli asset investasi, dan lain-lain. Lantas, apa alat pembayaran syah yang dapat dipakai di Indonesia saat ini? Menurut Bank Indonesia, berikut daftar 9 alat pembayaran yang berjalan di Indonesia.

Kartu Credit

Kartu credit sebagai alat pembayaran yang syah di Indonesia dan terhitung ke Alat Pembayaran Memakai Kartu atau dipersingkat APMK. Kartu credit biasa dipakai untuk pembayaran sebagai wujud pemenuhan kewajiban yang ada dari ada aktivitas ekonomi seperti pembelanjaan.

Pembayaran kartu credit dapat dilaksanakan secara berangsur atau pembayaran pelunasan pembayaran langsung bergantung persetujuan yang sudah disepakati awalnya. Beberapa karakter kartu credit ialah ada chip, simbol penerbit, nomor kartu, nama pemegang kartu, magnetic stripe, dan yang lain.

Kartu ATM

Kartu ATM termasuk juga ke APMK yang umum dipakai untuk menarik uang kontan atau mengalihkan dana ke rekening lain untuk penuhi kewajiban pemakai dengan kurangi nilai tabungan langsung. Karakter fisik ATM serupa dengan karakter kartu credit.

Kartu Debit

Kartu debet merupakan APMK yang digunakan untuk bayar kewajiban yang ada dari aktivitas ekonomi seperti pembelanjaan. Perbedaannya dengan kartu credit yakni pembayaran kartu debet langsung dipotong dari saldo sang pemilik dan kartu credit memakai saldo utang.

Uang Electronic

Alat pembayaran yang berjalan di Indonesia selanjutnya ialah uang electronic. Menurut Bank Indonesia, uang electronic sebagai alat pembayaran yang perlu penuhi persyaratan ini.

  • Diterbitkan sesudah nilai uang sukses disetorkan ke penerbit.
  • Nilainya diletakkan secara electronic pada suatu media chip atau server.
  • Nilai yang diatur penerbit bukan simpanan seperti diartikan dalam undang-undang perbankan.

Check

Check ialah instrument pembayaran yang berperan sebagai perintah ke bank untuk membayar beberapa uang ke yang menerima check.

Dalam pemakaiannya, check mengaplikasikan konsep dapat dipindahkantangankan, dapat diedarkan dalam rupiah, dan sebagai fasilitas keinginan atau perintah pembayaran.

Berikut contoh pemakaian check sebagai alat pembayaran.

Anton memberikan check sejumlah Rp1.000.000 ke Budi untuk bayar jasa yang diberi Budi. Seterusnya, Budi dapat bawa check itu ke bank untuk dicairkan jadi uang kontan atau diletakkan ke rekening bank kepunyaannya.

Bilyet Giro

Alat pembayaran yang berjalan di Indonesia yang ke-4 yakni bilyet giro. Bilyet giro ialah surat perintah atau surat permintaan ke bank untuk mengalihkan beberapa dana dari rekening nasabah satu ke nasabah yang lain.

Berlainan dengan check, bilyet giro tidak langsung bisa diuangkan ke wujud tunai.

Uang Kertas

Alat pembayaran yang berjalan di Indonesia setelah itu uang kertas. Uang kertas terhitung ke Alat Pembayaran dengan Memakai Uang atau dipersingkat APMU. Uang kertas yang berjalan ialah uang kertas rupiah yang diedarkan dan disebarkan oleh Bank Indonesia.

Uang Logam

Uang logam termasuk juga ke APMU. Uang logam ialah uang yang dibuat dari logam mirip emas dan perak. Umumnya nominal dalam uang logam lebih kecil dibanding dengan uang kertas. Ukuran juga lebih kecil dari uang kertas tetapi lebih berat bila dibanding uang kertas.

Internet Banking atau Mobile Banking

Internet banking atau mobile banking ialah alat pembayaran yang lain dapat dipakai nasabah saat lakukan perpindahan dana selainnya lewat atm. Untuk memakai alat pembayaran ini, umumnya nasabah perlu buka rekening tabungan dulu lalu baru dapat membuat account i-banking dan m-banking untuk transaksi bisnis.

Pemakaian alat pembayaran ini benar-benar ringkas sebab bisa dibuka memakai handphone dan cuma memerlukan id pemakai dan password saja.

Nach, tersebut urutan lengkap 9 alat pembayaran yang berjalan di Indonesia. Bersamaan mengembangnya tehnologi, alat pembayaran juga turut makin mengalami perkembangan. Per 7 September lalu, El-Salvador sudah sah memakai bitcoin sebagai alat pembayaran yang syah di negara mereka.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Alat Pembayaran yang Berlaku di Indonesia” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Originally posted 2022-09-20 13:56:56.

Leave a Comment