TIps & Trick : Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan – Apakabarjabar.com

Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

Setiap kendaraan mempunyai nomor registrasi sebagai tanda legalitas. Nomor registrasi tersebut ada pada plat nomor kendaraan. Plat kendaraan bisa dibilang sebuah primary key mengenai informasi kendaraan.

Plat ini terbuat dari bahan logam yang dipasang di bagian depan dan belakang kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Masing-masing plat nomor menunjukan daerah registrasi asal pemilik kendaraan.

Informasi kendaraan itulah yang jadi acuan nomor yang tertera pada Surat Tanda Kendaraan atau yang bisa disebut STNK. Di situ terdapat nama pemilik dan informasi fisik mengenai kendaraan seperti data merek motor, warna kendaraan, model kendaraan dan tahun produksinya.

Manfaat Mengetahui Plat Nomor Kendaraan

Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan 1
Sumber:

Mengetahui nomor plat kendaraan mungkin belum terlalu terasa manfaatnya. Namun perlu kamu ketahui bahwa dengan mengetahui nomor kendaraan kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan mengetahui tindakan apa yang seharusnya dilakukan jika terjadi hal di jalanan.

Tindak kejahatan dan kecelakaan sangat mungkin terjadi ketika kita melakukan perjalanan. Nah, dengan melacak nomor plat nomor akan membantu kita memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kendaraan kita. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari mengecek plat nomor yang bisa kita dapatkan.

1. Membantu Proses Tindak Kejahatan

Tak jarang pelaku kejahatan pencurian kendaraan menggunakan kendaraan untuk melancarkan aksinya. Jika kamu melihat nomor plat pelaku, maka nomor tersebut dapat dijadikan sebagai bahan penyelidikan polisi.

Polisi akan menelusuri pemilik kendaraan tersebut dan jika ditemukan hal yang ganjil maka itu bisa memperberat hukuman si pelaku pencurian tersebut.

2. Mengetahui Status Pajak Kendaraan

Dengan mengecek plat nomor kita bisa mengetahui status pajak kendaraan. Ini akan membuat kita tepat waktu dalam membayar pajak kendaraan kita dan kita bisa mengetahui jumlah pajak yang harus kita bayarkan.

Dengan begitu, kita bisa mempersiapkan uang yang harus kita setorkan untuk pajak kendaraan kita. Jadi, kita tidak akan melewatkan tanggal wajib membayar pajak kita dan tentu saja akan terbebas dari denda.

3. Membantu Saat Ada Kejadian Tak Terduga

Melacak kepemilikan plat nomor akan membantu saat terjadi hal-hal yang tidak disangka, misalnya terjadi kecelakan dan pelaku melarikan diri dari lokasi kejadian.

Jika kita mengetahui nomor platnya kita bisa melacak pemilik kendaraan tersebut dan menangkap pelaku yang menabrak korban. Sehingga pelaku dapat bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya.

Informasi mengenai kendaraan, baik itu kendaraan umum atau pribadi, motor atau mobil, dipegang oleh Samsat. Instansi ini adalah satu-satunya yang memegang database lengkap informasi tersebut. Jika kita ingin mengetahui informasinya kita perlu mendatangi kantor Samsat dan melaporkan hal yang dicari.

Petugas Samsat akan membantumu menemukan apa yang kamu cari. Namun, itu dulu. Di masa sekarang teknologi sudah membantu memudahkan kita dalam mengecek plat kendaraan termasuk pajak. Nah, cara-caranya akan dibahas lebih lengkap di bawah ini.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan 3

Saat ini sebagian besar Samsat di berbagai wilayah Indonesia sudah menyediakan layanan pengecekan plat nomor online dan pengecekan data pajak kendaraan. Pengecekan plat nomor biasanya dilakukan sesuai dengan domisili administrasi kendaraan. Inilah cara mengecek nomor secara online di beberapa daerah di Indonesia.

1. DKI Jakarta

Untuk wilayah DKI Jakarta, plat nomor yang digunakan diawali dengan huruf B. Golongan kendaraan ini bisa mengecek plat nomor di situs Samsat secara online.

Kamu bisa mengecek plat kendaraan di situ resmi Samsat Jakarta melalui laman resminya di samsat-pkb2.jakarta.go.id. Setelah halaman terbuka kamu tinggal memasukkan data plat nomor yang hendak kamu cari informasinya.

Untuk kepemilikan kendaraan pribadi, kamu bisa menambahkan informasi Nomor Induk Kepemilikan. Dari situ kamu akan mendapatkan informasi yang terdiri dari pemilik kendaraan, alamat, merek dan warna kendaraan, tahun produksi, nomor rangka dan mesin.

Selain itu, kamu pun akan mendapatkan informasi lengkap mengenai info rincian mengenai pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

2. Jawa Barat

Untuk kamu yang berada di Jawa Barat, kamu bisa mengecek plat kendaraan di situs resmi ini bapenda.jabarprov.go.id. Kamu tinggal memasukkan nomor plat kendaraan dan mengisi beberapa kotak dialog yang tertera pada laman tersebut.

Kotak dialog yang perlu diisi misalnya informasi mengenai nomor kendaraan, warna kendaraan dan kode verifikasi pengguna manusia. Setelah kamu menginput data tersebut kamu bisa melihat informasi seputar data kendaraan dan data pemiliknya, termasuk rincian pajak kendaraannya.

3. Jawa Timur

Jawa timur adalah salah satu provinsi yang sudah dilengkapi dengan layanan online untuk pengecekan plat nomor. Bagi yang tinggal di provinsi ini, kamu bisa mengecek pemilik kendaraan bermotor dengan mengunjungi situs resmi milik Samsat Jawa Timur di info.dipendajatim.go.id.

Sama seperti situs resmi lainnya, kamu akan mendapatkan informasi lengkap mengenai data kendaraan dan pajak kendaraan secara lengkap.

Untuk kamu yang berada di kota-kota lainnya, kamu bisa mencari keberadaan layanan online di Samsat kota masing-masing. Pasalnya layanan online ini belum merata di seluruh kota yang ada di Indonesia.

 

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Mudah dan Praktis, Beginilah Cara Cek Plat Nomor Kendaraan” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Originally posted 2022-09-20 05:57:47.

Leave a Comment