Info Gadget : Review realme 9 4G: Kemampuannya Melebihi Ekspektasi! – Apakabarjabar.com

Review realme 9 4G: Kemampuannya Melebihi Ekspektasi!

Pada post Kali ini ApakabarJabar akan membahas artikel yang berjudul “Review realme 9 4G: Kemampuannya Melebihi Ekspektasi!”
Selamat membaca dan semoga bermanfaat

 

Apakabarjabar.com – Menjadi model “paling standar”, tak serta merta membuat realme 9 4G menjadi seri tanpa kelebihan yang spesial. Justru, realme 9 4G yang kami review ini terasa istimewa berkat desain, fitur layar, spesifikasi dapur pacu, kemampuan baterai, sampai teknologi kamera yang bagus di kelasnya. Selain itu, harga realme 9 4G sangat menggoda.

Menjadi pilihan yang standar, sudah semestinya beberapa fitur dan kemampuan dikurangi demi menekan harga jualnya. Saat mendengar harganya yang tak sampai Rp 3 juta untuk versi terendahnya, kami pun tak mau berharap lebih atas kemampuan yang ditawarkan HP terbaru realme ini.

Namun jika melihat spesifikasi di atas kertas, smartphone ini terlihat lebih menonjol berkat rangkaian teknologi dan fitur yang lebih canggih ketimbang HP Rp 2 jutaan lainnya. Yup, harga realme 9 4G memang terbilang ekonomis jika melihat spesifikasi yang diusungnya.

Nah, untuk mengetahui kualitas yang sebenarnya, kami akan membeberkan hasil ulasan kami soal desain, spesifikasi dan kinerja prosesor, kemampuan baterai, sampai kelebihan kamera dari ponsel ini dalam review realme 9 4G. Yuk simak selengkapnya di bawah ini, sob!

Baca juga: Review Singkat Realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Desain

Review Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Menawan dan ringkas, dua kata yang pas menggambarkan desain realme 9 4G secara keseluruhan. Smartphone ini menjadi salah satu ponsel yang nyaman untuk digenggam.

Walau layarnya berukuran 6,4 inci, ponsel ini memiliki dimensi yang pas dan mudah untuk dioperasikan dengan satu tangan saja. Semuanya berkat rancangan desain ringkas yang diaplikasikan oleh realme pada ponsel terbaru ini.

HP terbaru realme itu memiliki bodi belakang yang rata dengan tepian yang cukup melengkung. Bingkai bodinya juga rata, dengan lengkungan di tiap sudutnya yang membuat ponsel ini pun terlihat elegan.

Adapun untuk dimensinya, HP terbaru realme ini memiliki ketebalan hanya 7,99mm dengan berat 178 gram. Meski ramping dan ringan, tapi bodi ponsel ini tergolong kokoh.

Review Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Bagaimana tidak, bagian depannya sudah dilapisi Gorilla Glass 5. Untuk HP harga Rp 2 jutaan hingga Rp 3 jutaan, tentu ini menjadi kelebihan yang menarik dari realme 9 4G.

Tak hanya itu, realme 9 4G yang kami review memang sudah melalui berbagai tes ketahanan untuk membuktikan kalau HP ramping ini memang dirancang agar tahan banting.

Beberapa tes yang dilalui seperti pergantian berulang sebanyak 4.000 kali, tombol daya yang ditekan 300.000 kali, tombol volume yang dipencet 150.000 kali, tes pasang dan cabut USB 20.000 kali, temperature shock -40 derajat hingga 75 derajat celcius sampai 150 kali, hingga menyimpan ponsel di suhu dan kelembaban tinggi dalam jangka panjang.

Baca juga: Review Realme C31: HP Sejutaan Kualitas Apik

Review Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Dari luar, realme 9 4G tampil dengan desain yang menawan. Smartphone ini memiliki tiga opsi warna, Sunburst Gold dengan kelir oranye yang mewah, Stargaze White dengan efek pantulan cahaya dan gradasi warna yang cantik, serta Meteor Black dengan warna hitam elegan bertekstur doff.

Seluruh warna ini diciptakan melalui penggabungan teknologi Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur bias cahaya dan bayangan yang cantik, apalagi ketika terkena terpaan sinar matahari yang pas.

Spesifikasi Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Kebetulan, unit realme 9 4G yang kami review memiliki warna Meteor Black yang terlihat elegan. Warna hitam yang tak terlalu gelap ini memiliki tekstur matte yang halus, serta mampu menampilkan efek transisi cahaya yang cantik.

Satu yang cukup disayangkan, bodi dengan bahan seperti kaca ini cukup mudah kotor karena jejak sidik jari yang menempel. Untungnya, realme memberikan softcase plastik dalam paket pembelian untuk meminimalisir hal tersebut.

Memaksimalkan warnanya yang sudah keren, realme menyematkan modul kamera dengan desain yang mirip dengan modul realme 9 Pro+ yang juga sudah kami review sebelumnya. Posisi lingkaran kamera sampai LED flash, benar-benar seragam dengan seri dengan spesifikasi yang lebih tinggi tersebut.

Beralih ke bagian depan, tampilannya kurang lebih sama dengan jajaran HP realme terbaru di kelas menengah. Desainnya fullscreen dengan aspek rasio yang memanjang, serta memiliki lubang kamera mungil di sudut kiri atas layarnya. Tak ada yang spesial soal desain bagian depannya.

Di bagian atas, hanya tersedia mikrofon saja. Di samping kanan, ada tombol power. Sementara di sisi kiri ada tombol volume yang disandingkan dengan slot dual SIM yang mendukung penyimpanan microSD.

Di bawah, masih ada jack audio 3,5mm, mikrofon, USB-C, dan speaker. Melihat desainnya, harga realme 9 4G yang dibanderol 2 jutaan sangat pantas.

Layar dan Audio

Spesifikasi Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Apa yang Anda harapkan dari layar sebuah HP harga Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan? Layar IPS LCD dengan resolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate tinggi mungkin sudah cukup.

Namun realme 9 4G memberikan lebih dari itu, karena spesifikasi layar yang diusungnya terbilang lebih baik. Smartphone ini menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan sudah beresolusi Full HD+.

Layarnya sudah mendukung refresh rate 90Hz, kerapatan piksel sampai 409 ppi, intensitas cahaya maksimal hingga 1.000 nits, sudah dilapisi Gorilla Glass 5, dan disematkan sensor sidik jari di layarnya. Menariknya, layar ponsel ini juga bisa memantau denyut jantung dari penggunanya. Keren kan?

Caranya, masuk ke Settings dan pilih menu realme Lab. Di bagian bawah, ada Heart Rate Measurement, lalu tempelkan jempol atau jari Anda ke area yang disediakan. Tunggu beberapa saat sampai info detak jantung muncul di layar.

Harga Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Ini bukan fitur gimmick untuk keperluan marketing saja. Sebab, hasilnya cocok dengan jam tangan pintar yang kami gunakan dengan dukungan yang sama.

Soal kualitas, layar ini menampilkan warna yang bagus dengan detail yang mantap. Tipikal Super AMOLED, warna hitamnya pun pekat, sehingga pas untuk menampilkan beragam model always on display ketika layar dimatikan.

Baca juga: Rekomendasi Earphone TWS Murah 2022

Berkat fitur auto brightness yang pintar dan memiliki 10.240 level pencahayaan, layar smartphone ini bisa menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar.

Refresh rate 90Hz juga memberikan pengalaman yang mulus untuk scrolling, aplikasi, bahkan sampai main game Android yang mendukung. Beberapa aplikasi yang mendukung tampilan 90Hz seperti media sosial, browser, dan beberapa game ringan yang kami coba di smartphone ini. Sisanya, seperti YouTube hanya 60Hz saja.

Harga Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Beralih ke audio, realme 9 4G yang kami review hanya dilengkapi dengan speaker mono saja. Meski begitu, kualitas suaranya terbantu dengan fitur Hi-res Audio. Suara yang dikeluarkannya terdengar lantang, namun terasa biasa saja.

Tipikal speaker mono, ketika volume dimaksimalkan, suara audio yang keluar malah terdengar sember dan kurang enak di telinga. Kami sarankan untuk memasangkan ponsel ini dengan headset jack audio ataupun earphone TWS dengan kualitas yang bagus, seperti realme Buds Air 3 misalnya.

Spesifikasi

Harga Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Realme 9 4G yang kami review menjadi smartphone ke sekian yang ditenagai oleh prosesor terbaru Snapdragon 680. Meski masuk ke Snapdragon 600 Series, tapi jangan remehkan kemampuannya.

Snapdragon 680 dibuat dengan arsitektur 6nm yang menyuguhkan performa tinggi dengan efisiensi daya baterai yang bagus. Prosesor ini terdiri dari dua kluster, yaitu 4-core Cortex A73 dengan kecepatan 2,4 GHz dan 4-core Cortex A53 hemat daya dengan clock-speed 1,9 GHz.

Spesifikasi utamanya makin terasa maksimal karena realme 9 4G dibekali dengan RAM 8 GB yang bisa ditambah secara virtual sampai 5 GB berkat fitur DRE atau Dynamic RAM Expansion serta memori penyimpanan 128 GB. Tersedia juga model RAM 6 GB dengan memori yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

Memori penyimpanan smartphone ini berjenis UFS 2.2 dengan kecepatan baca dan tulis menengah. Apabila tak puas dengan besaran memori yang ada, tersedia pula slot microSD hingga 256 GB. Melihat spesifikasi yang diusungnya, harga realme 9 4G yang dipatok 2 jutaan terbilang cukup murah.

Baca juga: Review Realme GT 2 Pro: Performa dan Kamera Terbaik

Realme UI 3.0 Berbasis Android 12

Kelebihan Realme 9 4G
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Realme 9 4G yang telah kami review sudah menjalankan realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang baru. Sistem operasi ini benar-benar enak digunakan, melebihi realme UI generasi sebelumnya yang berbasiskan Android 11.

Tampilannya lebih bersih, dengan nuansa yang mirip-mirip Android murni. Transisi antar menu, aplikasi, dan fitur juga lebih mulus dibandingkan OS sebelumnya.

Selain bersih, ikon aplikasi bawaan pun tampak lebih berwarna. Apalagi, pengguna diizinkan untuk menyesuaikan warna sistem sesuka hati melalui fitur personalizations. Dengan fitur tersebut, kami dapat mengganti warna sistem UI, wallpaper, always-on display, ukuran font, hingga animasi sensor sidik jari juga bisa di sini.

Soal warna, tersedia beberapa template yang bisa dipilih. Terdapat juga opsi yang memungkinkan sistem untuk memilihkan warna yang sesuai dengan wallpaper. Pengguna pun diizinkan untuk mengatur warna sendiri melalui menu Custom.

Baca juga: Fitur Utama realme UI 3.0

Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya.

OS ini membuat pengguna dapat membatasi akses terhadap kamera dan mikrofon hanya dengan mengubah toggle khusus pada menu App Permissions.

OS pun akan memberitahu pengguna ketika aplikasi dapat membaca pesan, tulisan, maupun gambar yang disalin pengguna melalui clipboard. Di bagian Privacy Dashboard, pengguna pun dapat melihat aplikasi apa saja yang mendapatkan izin akses penting, seperti lokasi, kamera, mikrofon, dan lainnya.

Benchmark dan Baterai

Model realme 9 4G yang kami review adalah versi paling atas dengan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Untuk menguji kemampuannya, kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark untuk menguji kinerja smartphone terbaru ini.

Seperti biasa, kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark untuk menguji kemampuan dan kelebihan dari spesifikasi realme 9 4G, seperti AnTuTu Benchmark versi 9, 3DMark, dan PCMark.

Adapun untuk kebolehan baterai, kami menggunakan tes PCMark Work 3.0 Battery Life yang menjalankan berbagai skenario penggunaan hingga baterai hampir habis.

Di AnTuTu Benchmark, smartphone terbaru realme itu meraih skor 284 ribuan poin. Skor ini lumayan tinggi untuk sekelas ponsel harga Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan. Terlebih, nilai yang diraihnya hampir mendekati smartphone dengan prosesor Snapdragon 720G yang pernah kami ulas.

Kelebihan
AnTuTu Benchmark realme 9 4G

Smartphone ini mendapatkan nilai 7.943 poin. Skornya tak terlalu memuaskan, tapi juga tidak mengecewakan. Menariknya, terlihat pada grafik PCMark kalau sistem smartphone memberikan performa 100% pada sepanjang skenario pengujian.

Kelebihan
PCMark realme 9 4G

Apakah berpengaruh pada daya tahan baterai? Tidak juga. Hal ini karena realme 9 4G memiliki sistem realme UI 3.0 berbasis Android 12 yang ringan, prosesor dengan efisiensi daya yang tinggi, serta kapasitas baterai besar 5.000 mAh.

Dari pengujian kami dengan PCMark Work 3.0 Battery Life, screen on time yang didapatkannya mencapai 19 jam 5 menit dengan baterai tersisa 20%. Selama itu, ponsel terus menyala dengan menjalankan berbagai proses, seperti pengolahan data, menampilkan video, melakukan video call, multitasking, scrolling, dan sebagainya.

Baca juga: Review Realme 9 Pro+: Kualitas Kamera Flagship

Kelebihan
Pengujian baterai realme 9 4G

Dengan ketahanan baterai yang luar biasa, tentu saja pengguna dapat memakai ponsel ini sampai seharian tanpa khawatir kehabisan daya baterai di tengah-tengah pekerjaan atau perjalanan.

Tak cuma baterainya saja yang jumbo, fitur fast charging ponsel ini juga cepat berkat kehadiran teknologi 33W Dart Charge. Selain ngebut, realme menjamin keamanan pengisian daya melalui solusi Intelligent Five-core Chip.

Teknologi ini membawa fitur Adapter overload protection, Dart charge condition identification protection, Interface overload protection, Overcurrent-Protection and voltage overload protection, dan Battery fuse protection.

Dari pengujian yang kami lakukan, 33W Dart Charge dapat mengisi baterai 5.000 mAh dari 2% hingga benar-benar penuh dalam waktu 1 jam 15 meni. Klaim realme yang menyebut teknologi fast charging ini dapat mengisi baterai 50% dalam waktu 31 menit bukan sebatas gimmick marketing belaka.

Benar saja, dalam durasi kurang lebih 30 menit, baterai smartphone sudah mencapai 50%. Padahal selama pengecasan berlangsung, ponsel tetap terhubung ke jaringan WiFi dan beberapa aplikasi berjalan di background.

Gaming

Harga
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Kemampuan sebuah ponsel memang tak sepenuhnya dilihat dari angka benchmark melulu. Benar saja, kemampuan gaming prosesor Snapdragon 680 pada realme 9 4G cukup mengejutkan kami.

Ponsel ini membawa fitur Games dengan tampilan yang lebih simple namun fungsional. Di Games, terdapat beberapa fitur yang bisa diakses langsung saat kami bermain game, hanya dengan swipe sudut layar kiri ke tengah saja.

Ada fitur Game Focus Mode yang membuat jalannya permainan tak terganggu dengan berbagai notifikasi yang muncul. Kemudian ada opsi untuk menampilkan FPS counter yang melayang di bagian atas, dan lain sebagainya.

Harga
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Secara kemampuan, bermain game FPS yang berat seperti Marvel Future Revolution dan PES 2022 berjalan dengan lancar tanpa kendala di smartphone ini. Memang, untuk urusan grafis tak bisa diatur “rata kanan”. Namun setidaknya HP harga Rp 3 jutaan ini sudah mencukupi hasrat para gamer untuk bermain game favorit mereka secara lancar.

Baca juga: Daftar Judul Game Android Paling Menegangkan

Apalagi kalau dipakai main game ringan seperti Subway Surfers, Plants vs Zombie, Temple Run, sampai Super Mario Run, refresh rate tinggi akan aktif dan memberikan pengalaman gaming yang mulus serta responsif.

Main game dalam waktu yang lama juga betah, karena bodi ponsel tidak mengeluarkan hawa panas berlebih saat bermain game Android berat. Tangan kami tetap nyaman bermain game di posisi landscape maupun portrait. So, harga realme 9 4G terbilang murah buat HP gaming 2 jutaan dari realme ini.

Kamera

Kamera
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

realme 9 4G menjadi ponsel kedua setelah realme 8 Pro yang menggunakan sensor kamera 108MP. Smartphone ini memiliki kamera utama 108MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera 2MP untuk makro. Sedangkan di depan, ada kamera 16MP.

Kamera utama 108MP yang digunakannya menggunakan sensor ISOCELL HM6 terbaru. Sensor ini mengusung teknologi pengambilan gambar Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi satu.

Dengan begitu, kelebihan kamera utama realme 9 4G mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-light sehingga menghasilkan foto malam yang maksimal dengan noise yang minim. Apalagi, sensor ini didukung smart ISO dengan kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

Dilengkapi dengan PDAF, kamera utama ini juga memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi ketimbang ISOCELL HM2. Dengan fitur tersebut, mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail.

Karena kehadiran PDAF pula, realme membawa salah satu fitur kamera andalan dari realme 9 Pro+, yakni Street Photography Mode 2.0. Fitur ini membebaskan pengguna untuk mengeksplorasi kemampuan kamera utama 108MP untuk memotret jalanan, ditambah ada fitur seperti Peak & Zoom dan Pop 90-an

Berkat resolusi yang besar, kamera utama realme 9 4G dapat mengambil foto dari jarak yang jauh dengan perbesaran secara optik sampai 3 kali. Namanya perbesaran secara optik, tentu saja hasil fotonya tetap mempertahankan warna yang bagus dengan detail yang lebih jelas.

Berbicara tentang kualitasnya, kamera utama 108MP pada realme 9 4G memberikan foto dengan warna yang vivid dan kaya, serta detail yang tajam. Rentang dinamisnya juga luas berkat bantuan fitur Auto HDR dan AI Enhancement yang aktif bersamaan.

Baca juga: Hasil Foto dari Kamera Realme 9 Pro+

Kekurangannya, AI kamera ini kami rasa kurang gesit untuk mengenali skenario foto yang kami lakukan. Hasilnya tepat, namun kurang cepat untuk menerapkan pengaturan saturasi, white balance, dan lainnya sesuai skenario foto.

Dalam sistem kamera, tersedia juga opsi pengambilan gambar di mode 108MP. Soal detail sih menakjubkan, karena tulisan kecil pada subjek dari jarak jauh saja masih bisa kelihatan dengan baik. Tapi kalau warna cenderung lebih pucat, karena AI “tidak bermain” di mode 108MP ini.

Kemampuan memotret suasana malam juga menjadi kelebihan dari kamera utama realme 9 4G ini. Hasilnya foto malam kelihatan bagus, minim noise, tapi memiliki warna yang tak over. Detailnya pun terbilang lumayan, cukup baik untuk sekelas HP harga Rp 3 juta.

Kamera
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Kamera ultrawide juga secara mengejutkan menghasilkan foto dengan tone warna yang bagus, asalkan kondisi cahayanya mendukung. Namun saat mengambil gambar ultra lebar di cahaya yang redup atau malam hari, kualitasnya langsung menurun. Ada noise di mana-mana, detail yang kurang, serta warna yang buram.

Kamera makro 2MP berjenis fixed focus menurut kami cuma sebagai pelengkap saja. Tanpa dukungan autofokus, kami pun perlu usaha lebih untuk menetapkan titik fokus yang pas pada subjek.

Baca juga: Review Infinix Zero 5G: Tangguh tapi “Agak Boros”

Cukup menantang mengambil gambar makro dengan lensa fixed focus. Tangan harus benar-benar stabil sembari mengatur jarak agar pas. Kalau tidak, foto akan terlihat buram dan tak bisa dinikmati.

Sama seperiti realme 9 Pro+, kamera depan realme 9 4G yang kami review menggunakan sensor 16MP. Kualitasnya pun 11 12, foto selfie yang diberikan kelihatan jernih dengan warna yang natural.

Meski begitu, sistem kamera depan seolah belum bisa mengatasi pengambilan gambar yang menghadap paparan sinar matahari yang berlebih. Kalau dipaksakan mengambil swafoto di skenario seperti itu, foto selfie langsung over brightness.

Hasil foto:

Kamera
Hasil foto dari kamera makro

Kesimpulan

Review
Realme 9 4G (Foto: Apakabarjabar.com)

Kemampuan realme 9 4G sungguh melebihi ekspektasi kami. Smartphone ini memang dipasarkan dengan harga yang terjangkau, tapi kualitas yang diberikannya tak terkesan murahan.

Kesan positif sudah kami dapatkan ketika melihat pertama kali HP terbaru realme ini. Pabrikan asal China ini berhasil membuat ponsel murah dengan desain yang ringkas, warna yang cantik, dan memiliki build quality cukup baik.

Ponsel ini menjadi salah satu ponsel yang enak untuk dipakai dengan satu tangan, meskipun ukuran layarnya 6,4 inci yang tergolong besar. Bobotnya yang ringan juga menjadi nilai plus bagi smartphone terbaru realme tersebut.

Kami tak meragukan kualitas layarnya yang sedap dipandang. Panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi dan refresh rate tinggi, memanjakan kami yang suka menonton film maupun series favorit di situs streaming terbaik.

Kehadiran sensor sidik jari di dalam layar sekaligus fitur pemantau detak jantung, membuat realme 9 4G pun terlihat lebih inovatif ketimbang ponsel lain di rentang harga yang sama.

Ditenagai prosesor dengan arsitektur yang baru, realme 9 4G yang kami review tidak hanya mempunyai spesifikasi kencang saja, tapi juga efisiensi daya yang menakjubkan. Selain prosesor, kami juga terpukau dengan kelebihan baterai realme 9 4G yang bisa tahan seharian dengan sekali pengisian daya yang berlangsung singkat.

Baca juga: Realme C35 Masuk Indonesia, Harga 2 Jutaan dengan Fitur DRE

Kehadiran realme UI 3.0 berbasis Android 12 pun sekali lagi menjadi kelebihan dari realme 9 4G. Sistem operasi ini bersih dan ringan, sehingga dapat secara maksimal mendukung kelancaran pemakaian pengguna sehari-hari.

Kamera utama dengan sensor Samsung ISOCELL HM6 108MP jelas menjadi kelebihan utama dari realme 9 4G. Kapan lagi smartphone dengan harga yang terjangkau memiliki kamera dengan resolusi yang besar, di mana ponsel di rentang harga yang sama biasanya menggunakan sensor 50MP dan 64MP.

Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan warna yang kaya serta detail yang tajam. Adanya mode 108MP juga memungkinkan pengguna menangkap gambar dengan resolusi luar biasa, pas sekali untuk mengabadikan nuansa landscape, perkotaan, dan sebagainya.

realme sekali lagi berhasil menaikkan taraf ponsel kelas menengah dengan menjejalkan beberapa fitur ala ponsel high-end yang premium.

Harga realme 9 4G yang dipatok Rp 2,9 jutaan untuk model 6/128 GB dan Rp 3,5 jutaan untuk versi 8/128 GB layak dijadikan pilihan teratas buat Anda yang ingin ganti HP ekonomis dengan spesifikasi dan kualitas yang proper.

So, jika harga realme 9 4G sudah tidak jadi masalah, Anda tentu saja ingin tahu soal ketersediaan smartphone ini, bukan? realme 9 4G bisa dibeli di realme Official Stores di Tokopedia. (MF/HBS)

Kelebihan realme 9 4G

  • Bodi ringan dan tipis
  • Pilihan warna yang menawan
  • Build quality yang bagus
  • Layar dilapisi Gorilla Glass 5
  • Layar Super AMOLED dengan intensitas cahaya yang tinggi
  • Layar sudah mendukung refresh rate 90Hz
  • Mendukung in-display fingerprint dan pemantauan detak jantung
  • Sudah berjalan di realme UI 3.0 berbasis Android 12
  • Sistem keamanan dan privasi yang lebih baik
  • Daya tahan baterai menakjubkan
  • Kinerja gaming yang cukup memuaskan
  • Kamera utama 108MP, pilihan menarik di harga Rp 2 jutaan (6/128 GB)

Kekurangan realme 9 4G

  • Bodi belakang tidak anti sidik jari, terutama warna hitam
  • Speaker mono
  • Kamera makro masih fixed focus
  • AI kamera kurang gesit menentukan skenario foto, bisa diperbaiki melalui pembaruan sistem
  • Kamera ultrawide dengan kualitas standar
  • Tidak ada NFC

SPESIFIKASI REALME 9 4G

  • Rilis: April 2022
  • Network: GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • Layar: Super AMOLED 6,4 inci, Full HD+, 90Hz, Gorilla Glass 5
  • OS: Android 12, realme UI 3.0
  • Chipset: Snapdragon 680
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB/8 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 160.2 x 73.2 x 7.99m, 178 gram
  • Kamera Utama: 108MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro)
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: 5.000 mAh, Fast Charging 33W
  • Warna: Stargaze White, Meteor Black, Sunburst Gold
  • Harga: Mulai dari Rp 2,9 jutaan

Itulah pembahasan Apakabarjabar kali ini membahas artikel berjudul “Review realme 9 4G: Kemampuannya Melebihi Ekspektasi!” Baca artikel menarik lainnya di Apakabarjabar.com, nantikan update berita lainnya ya. Sampai jumpa di publikasi atau artikel lainnya.

Terimakasih Sudah Berkunjung di Apakabarjabar.Com

Originally posted 2022-09-19 18:10:06.

Leave a Comment